Sukses

Tenis Olimpiade Tokyo 2020: Terhenti di Semifinal, Novak Djokovic Gagal Rebut Golden Slam

Sepanjang sejarah, hanya ada satu nama yang mampu menyapu bersih empat gelar Grand Slam dan Olimpiade pada tahun yang sama. Dia adalah legenda Jerman Steffi Graf pada 1988.

Liputan6.com, Tokyo - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dipastikan gagal merebut Golden Slam setelah tersingkir di semifinal tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Djokovic dikalahkan wakil Jerman Alexander Zverev 6-1, 3-6, 1-6 di Ariake Tennis Park, Jumat (30/7/2021).

Djokovic, yang belum pernah menjuarai Olimpiade, selanjutnya bertemu Pablo Carreno Busta dari Spanyol pada perebutan perunggu. Sedangkan Zverev meladeni wakil ROC Karen Khachanov di final.

Bintang asal Serbia itu sudah memenangkan Australia Terbuka, Prancis Terbuka, dan Wimbledon di 2021. Dia berpeluang merebut Golden Slam jika menjuarai Olimpiade dan AS Terbuka.

Sepanjang sejarah, hanya ada satu nama yang mampu menyapu bersih seluruh gelar bergengsi ini pada tahun yang sama. Dia adalah legenda Jerman Steffi Graf pada 1988.

 

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gagal Samai Federer dan Nadal

Juara Grand Slam 20 kali itu kini maksimal menyamai torehan terbaik di Olimpiade yakni perunggu. Dia meraihnya di Beijing 2008.

Capaian itu lebih buruk dibanding dua rival utamanya. Roger Federer merebut perak di London 2012, dengan Rafael Nadal membawa pulang emas di Beijing 2008.

3 dari 4 halaman

Ambisi Zverev

Di sisi lain, Zverev berusaha menjadi petenis Jerman pertama yang memenangi emas nomor tunggal sejak Graf berjaya di Seoul.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.