Kehilangan Ramos dan Varane, Bagaimana Pertahanan Real Madrid Musim Ini?

Oleh Liputan6.com pada 28 Jul 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 22:00 WIB
FOTO: El Clasico Tak Terwujud, Real Madrid Kalah 1-2 Dari Athletic Bilbao di Semifinal Piala Super Spanyol
Perbesar
Bek Real Madrid, Sergio Ramos (kiri) berduel udara dengan striker Athletic Bilbao, Asier Villalibre dalam laga semifinal Piala Super Spanyol 2020/21 di La Rosaleda Stadium, Malaga, Kamis (14/1/2021). Real Madrid kalah 1-2 dari Athletic Bilbao. (AFP/Jorge Guerrero)

Liputan6.com, Madrid- Real Madrid secara resmi melepas Raphael Varane ke Manchester United. Dalam hitungan satu bulan terakhir saja, El Real sudah kehilangan dua bek tengah andalan yang berpengaruh selama beberapa tahun terakhir.

Raphael Varane yang pergi ke United dan Sergio Ramos ke PSG, membuat tempat utama di posisi bek tengah Real Madrid menjadi kosong. Kepergian dua bek tangguh itu tentu saja menjadi pukulan besar bagi Los Blancos.

Dapat dipastikan, Madrid akan menggunakan komposisi pemain bertahan yang baru di musim mendatang. Akan memerlukan waktu yang tak sebentar, untuk para pemain dengan komposisi baru ini merasa nyaman dengan barisannya di lini pertahanan.

Bintang Timnas Austria, David Alaba, sudah resmi dimiliki Real Madrid. Pembelian Alaba dari Munchen memang dilakukan untuk mengantisipasi kepindahan Ramos dan Varane. Kemampuan yang dimiliki Alaba tentu saja membuat Ancelotti tak khawatir, pasalnya keduanya pernah bersama-sama di Munchen.

Lantas bagaimana kombinasi pemain bertahan yang akan disiapkan Ancelotti di musim ini?

Berikut prediksi pertahanan Real Madrid di Musim 2021/22, yang bisa dilihat pada halaman selanjutnya,

Scroll down untuk melanjutkan membaca

ALABA,MENDY,MILITAO,CARVAJAL

David Alaba
Perbesar
Ilustrasi David Alaba. (Bola.com/Dody Iryawan)

Kemampuan yang dimiliki David Alaba tentu saja akan langsung dipilih pelatih untuk mengisi sektor kiri pertahan. Selain dalam bertahan, Alaba mampu membantu Madrid melakukan penyerangan.

Di tengah, Madrid bisa memasang Mendy dan Militao. Mendy memiliki visi bermain yang bagus, kekuatan fisik yang dimiliki juga sangat baik. Untuk Militao, harus penampilannya di beberapa pertandingan sebelumnya Ia sangat bagus, memaksa Nacho harus bergantian duduk di bangku cadangan.

Untuk Carvajal, dia sulit tergantikan di posisi bek kanan. Performanya yang konsisten sejak kehadirannya di Bernabeu, membuat semua pelatih yang menangani Madrid selalu ingin memasang Carvajal di posisinya.

Selama Ia sehat dan bugar, Carvajal akan selalu menjadi pilihan utama pelatih nampaknya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

MENDY, MILITAO, NACHO, CARVAJAL

FOTO: All English Final Tercipta usai Chelsea Singkirkan Real Madrid - Kai Havertz; Ferland Mendy
Perbesar
Gelandang Chelsea, Kai Havertz (kiri) mengontrol bola di depan bek Real madrid, Ferland Mendy dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions 2020/2021 di Stamford Bridge, London, Rabu (5/5/2021). Chelsea menang 2-0 atas Real Madrid. (AP/Alastair Grant)

Badai cedera yang dialami El Real musim lalu, memaksa Zidane harus memutar otak dalam menentukan pemain, terutama dilini pertahanan. Krisis pemain membuat Zidane mencoba memasangkan Militao dan Nacho di tengah.

Keduanya memiliki kekompakan dengan sangat cepat dan membentuk sebuah kemistri yang solid. Hal tersebut terbukti saat keduanya menjadi kunci keberhasilan Real Madrid finis di posisi kedua klasemen La Liga.

Seperti disebutkan diatas, Carvajal diprediksi akan mendapatkan tempat di kanan. Sedangkan di kiri madrid bukan tanpa pilihan, Ferland Mendy bisa dipilih Ancelotti untuk mengisi posisi tersebut.

Ketika Alaba mengalami masalah, entah cedera atau akumulasi kartu, Mendy bisa menjadi opsi lain untuk dipasang diposisi kiri.

Mendy piawai dalam penguasaan bola, terutama dalam bertahan dia memiliki kekuatan yang kuat dan sulit ditembus lawan.

 

Penulis: Ali Muhammad

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Menarik Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya