Ada Ali Dia dan Massimo Taibi, Ini 20 Pesepak Bola Terburuk dalam Sejarah Liga Inggris!

Oleh Liputan6.com pada 28 Jul 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 19:00 WIB
FOTO: 5 Italiano yang Pernah Berseragam Manchester United - Massimo Taibi
Perbesar
Massimo Taibi. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini didatangkan dari Venezia pada September 1999 setelah Manchester United melepas Peter Schmeichel ke Sporting. Tampil apik di dua laga awal, namun membuat blunder di dua laga berikutnya. Januari 2000 ia dilepas ke Reggina. (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta Majalah sepak bola FourFourTwo sempat mengeluarkan daftar pemain terburuk dalam sejarah Premier League. Sebagian dari mereka merupakan bintang lapangan hijau di tempat lain, tetapi gagal menunjukkan performa terbaiknya di Liga Inggris.

Pemain-pemain tersebut merepresentasikan kegagalan transfer klub-klub Liga Inggris, seperti Arsenal, Liverpool, dan Manchester United. Adapun, rekor pemain terburuk pertama dipegang oleh Ali Dia dari Southampton.

Melansir SportBible, Ali Dia sebenarnya bukanlah pemain sepak bola profesional kala itu. Dia diketahui telah menelepon sejumlah klub sambil mengaku dirinya adalah sepupu dari politikus dan mantan pemain sepak bola asal Liberia George Weah pada 1995 silam.

Dia lantas diminta menjalani uji coba di Coventry dan Bournemouth. Usai menyaksikannya bermain, keduanya segera menolak Ali Dia.

Akan tetapi, Graeme Souness yang menjadi manajer Southampton kala itu, justru mengambil umpan Dia setelah Matt Le Tissier mengalami cedera. Souness lantas memasukkan Dia ke lapangan pertandingan saat melawan Leeds.

Pemain asal Senegal tersebut berhasil mencicipi rasanya berlari di lapangan selama 52 menit tanpa tujuan sebelum akhirnya kembali ditarik keluar. Dikutip dari FourFourTwo, Le Tissier bahkan mengira Dia kala itu mencoba melarikan diri dari bola.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pemain 9 Juta Pounds dan Kiper Terburuk

Mark Bosnich
Perbesar
Mark Bosnich (kanan) bersama kiper MU lainnya, Massimo Taibi saat memenangkan Piala Toyota 1999. (AFP/Yoshikazu Tsuno)

Meski demikian, Dia setidaknya didapatkan secara gratis. Kondisi ini berbeda dengan Savio Nsereko yang didatangkan oleh West Ham seharga 9 juta poundsterling pada 2009. Savio menempati urutan kedua daftar pemain terburuk dalam sejarah Liga Premier.

Dilansir dari FourFourTwo, pemain Jerman kelahiran Uganda ini sempat menyandang predikat sebagai pemain terbaik turnamen di Euro U-19. Namun, ia nampaknya kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan Liga Premier. Savio yang gagal mencetak gol dalam 10 pertandingan lantas dijual ke Fiorentina dengan diskon sebesar 3 juta pounds enam bulan setelahnya.

Sementara itu, penjaga gawang Massimo Taibi bertengger di posisi ketiga dalam daftar. Ia tercatat sempat menjadi kiper untuk Manchester United usai Sir Alex Fergusson kehilangan Peter Schmeichel. Karier Taibi sebenarnya sempat berjalan baik ketika ia baru bergabung dengan Manchester United.

Akan tetapi, kesalahan yang ia buat ketika melawan Southampton membuat kariernya di MU harus terhenti. Melansir FourFourTwo, Taibi hanya bermain empat kali lagi untuk MU dan sempat menelan kekalahan 5-0 atas Chelsea.

Adapun, peringkat keempat dan kelima diisi oleh striker Milton Nunez dan legenda MLS Jozy Altidore. Daftar lengkap 20 pemain terburuk di Liga Inggris menurut FourFourTwo dapat disimak di halaman selanjutnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Peringkat 1-10

FOTO: 5 Pembelian Gagal Manchester United
Perbesar
2. Bebe - Bomber asal Portugal ini dianggap salah satu kegagalan transfer terbesar sepanjang karier Sir Alex Ferguson. Didatangkan seharga 7,4 juta poundsterling, dirinya hanya tampil tujuh kali bersama MU. (AFP/Andrew Yates)

1.      Ali Dia (Southampton)

2.      Savio Nsereko (West Ham)

3.      Massimo Taibi (Manchester United)

4.      Milton Nunez (Sunderland)

5.      Jozy Altidore (Hull, Sunderland)

6.      Junior Lewis (Leicester)

7.      Bebe (Manchester United)

8.      Winston Bogarde (Chelsea)

9.      Igors Stepanovs (Arsenal)

10.    Bosko Balaban (Aston Villa)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Peringkat 11-20

11.      Andrea Silenzi (Nottingham Forest)

12.      Eric Djemba-Djemba (Manchester United, Aston Villa)

13.      Sean Dundee (Liverpool)

14.      Claude Davis (Sheffield United, Derby County)

15.      Antonio Nunez (Liverpool)

16.      Marco Boogers (West Ham)

17.      Jean-Alain Boumsong (Newcastle United)

18.      Albert Luque (Newcastle United)

19.      Ricky van Wolfswinkel (Norwich City)

20.      Thomas Brolin (Leeds United, Crystal Palace)

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya