Putri Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, Hakim Tunda Hukuman Ibu Atlet yang Terlibat Penipuan

Oleh Marco Tampubolon pada 28 Jul 2021, 15:30 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 15:30 WIB
Medali Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diumumkan kepada publik saat seremoni untuk merayakan momen satu tahun jelang Olimpiade di Tokyo, Rabu (24/7/2019). Medali yang didesain Junichi Kawanishi itu berdiameter 85 mm dan dihiasi gambar dewi Yunani, Nike serta logo Olimpiade. (Behrouz MEHRI/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Jordan Chiles, pesenam putri asal Amerika Serikat hanya mampu meraih perak di Olimpiade Tokyo 2020. Namun kepingan medali tu terasa spesial karena diraih di hadapan ibunya, Gina Chiles. 

Chiles meraih perak di nomor senam artistik beregu putri. Di babak final yang berlangsung di Ariake Gymnastics Centre, Selasa (27/7/2021), Chiles seharusnya hanya tampil di nomor vault and floor. Namun wanita berusia 20 tahun itu terpaksa turun juga di nomor balok keseimbangan karena rekan setimnya, Simon Biles memutuskan mundur dari arena pertarungan Olimpiade Tokyo 2020

Rusia yang menggunakan nama ROC akhirnya keluar sebagai pemenang dengan torehan 169.528 poin. AS berada di urutan kedua dengan 166.096 menyusul Inggris Raya dengan capaian, 164.096 poin. 

Gina Chiles, ibunda Jordan Chiles menyaksikan langsung momen ini. Gina akhirnya bisa terbang ke Tokyo untuk melihat langsung penampilan putrinya setelah pengadilan menangguhkan hukumannya. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Terlibat Penipuan

Penipuan Properti Berkedok Syariah Semakin Marak. Agar Tak Terjebak, Ini Cara Pencegahannya
Perbesar
Ilustrasi penipuan properti yang sedang marak terjadi

Seperti dilansir dari Marca, Gina telah dijatuhi hukuman kurungan setahun satu hari gara-gara terbukit bersalah dalam tindak kriminal penipuan. Gina yang memiliki usaha properti Propery Management LLC menipu para kliennya pada tahun 2014-2016 lewat proposal fiktif. Dana yang terkumpul sebesar 1 juta USD yang didapat kemudian digelapkan dan digunakan Gina untuk kepentingan pribadinya. 

Dia menghadapi hukuman maksimum 20 tahun. Namun setelah pengakuan bersalah dia dijatuhi hukuman oleh pengadilan Oregon pada bulan November lalu, yakni 366 hari penjara dan kewajiban megembalikan dana 1,2 juta dolar ketika dia dibebaskan nanti.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Permohonan Dikabulkan

Gina kemudian meminta belas kasihan pengadilan untuk menunda eksekusi hukuman tersebut. Dia ingin menyaksikan putrinya, Jordan Chilles bertanding di Oimpiade Tokyo 2020 sebelum dipenjara. 

Permohonan dikabulkan oleh pengadilan dan Gina akhirnya bisa melihat putirnya bertanding. 

Keluarga Chiles pindah dari Washington ke Texas pada 2019 agar Jordan bisa berlatih di gym yang sama dengan Simone Biles. Pasangan ini telah menjadi teman yang sangat dekat hingga saat ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya