Sosok Windy Cantika Aisah, Atlet Angkat Besi Peraih Medali Pertama di Olimpiade Tokyo 2020

Oleh Asri Muspita Sari pada 24 Jul 2021, 14:40 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 16:02 WIB
Windy Cantika Aisah
Perbesar
Indonesia mendapat medali pertama (perunggu) dari Windy Cantika Aisah yang turun di nomor 49kg putri cabang olahraga angkat besi. (AFP/Vincenzo Pinto)

Liputan6.com, Jakarta Medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 datang dari cabang olahraga angkat besi putri. Prestasi itu disumbangkan Windy Cantika Aisah di nomor 49 kg, Sabtu (24/7/2021).

Windy mendapat total angkatan 194 kg dari dua kategori yang dipertandingkan, Snatch dan Clean & Jerk. Lifter 19 tahun tersebut berhasil mempersembahkan medali perunggu. 

Sementara Medali perak diraih atlet India, Chanu Mirabai, dan medali emas didapat atlet Tiongkok, Zhihui Hou. Lalu, seperti apa profil Windy Cantika Aisah?

Windy lahir di Bandung pada 11 Juni 2002. Meski masih berusia muda, perjalanan kariernya sebagai atlet angkat besi dapat dikatakan gemilang. Berbagai torehan prestasi sudah ia kantongi sejak usia 18 tahun.

Ia berhasil memecahkan rekor remaja dunia dua kali dalam satu tahun. Rekor pertama dan kedua Windy Cantika Aisah dapatkan di Thailand. Sementara yang kedua di Filipina. Capaian itu membuatnya disebut sebagai penerus Sri Wahyuni. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bakat Turunan

Foto: Windy Cantika Raih Perunggu di Cabor Angkat Besi, Indonesia Dapat Medali Pertama
Perbesar
Windy memang sudah bersaing masuk tiga besar sejak angkatan snatch. Mendapat tiga kesempatan, ia memiliki angkatan terbaik 84 kg dan menempati posisi keempat. (Foto: AFP/Vicenzo Pinto)

Windy Cantika mampu mencatatkan prestasi membanggakan di SEA Games Filipina 2019. Tak hanya medali emas di kelas 48 kg putri, dia juga berhasil mempertajam rekor dunia juniornya untuk angkatan snatch dari 84 kg menjadi 86 kg.

Bakat Windy adalah turunan dari orangtuanya. Sang ibu, Siti Aisyah adalah atlet angkat berat yang berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia 1988.

Prestasinya di Olimpiade Tokyo 2020 tentu bakal menjadi modal baginya untuk kembali bertanding di kompetisi Asian Games yang akan berlangsung di Guangzhou, China pada 2022 mendatang.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya