Sukses

MU Harus Buka Lagi Kunci Bruno Fernandes dalam Sistem Baru Solskjaer

Kedatangan Sancho dan transfer lainnya, dan perubahan formasi Solskjaer dapat membantu MU menyusun kerangka kerja ideal.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU sangat beruntung bisa mendapatkan Bruno Fernandes. Namun, sungguh ironis klub Liga Inggris itu belum pernah melihat Bruno Fernandes di posisi lain selain peran nomor10 sejak debutnya untuk klub.

Saat bermain imbang 0-0 melawan Wolves pada Februari 2020, Fernandes bermain bersama Fred di lini tengah dengan dua pemain setelah Andreas Pereira keluar pada menit ke-72. Mason Greenwood bergabung dengan empat pemain depan dan United, yang tidak memiliki Paul Pogba di tim, mencoba untuk mencetak gol, tapi tidak kunjung datang.

Fernandes tampak sedikit mentah, dan sepertinya dia berusaha terlalu keras. Namun, sang manajer Ole Gunnar Solskjaer berhasil membuka kunci pemain barunya di Portugal pada minggu-minggu berikutnya.

Dengan menurunkan poros lini tengah Fred dan Scott McTominay, pelatih Norwegia itu menempatkan Fernandes ke posisi dan membuat perbedaan pada serangan MU.

Fernandes dengan cepat menemukan kakinya, dengan gol di masing-masing penampilan MU ketiga, keempat dan kelima, menyelesaikan musim dengan 12 gol untuk klub.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Momentum

Fernandes tidak terpengaruh oleh jeda tiga bulan akibat Covid-19. Dia bahkan melanjutkan momentumnya yang luar biasa untuk memenangkan penghargaan Sir Matt Busby dari United - penghargaan pemain terbaik musim ini, yang dipilih oleh para penggemar.

Namun, beberapa orang yang menonton United mengkritik Fernandes karena dianggap mengalami penurunan performa menjelang akhir musim lalu, meskipun cukup adil untuk mengatakan bahwa pemain berusia 26 tahun itu telah menetapkan standar yang cukup tinggi.

3 dari 5 halaman

Adil

Namun, kritik itu adil dalam banyak hal dan Fernandes sudah berjuang untuk menegaskan dirinya di Kejuaraan Eropa bersama Portugal. Dia digeser oleh bos tim nasional Fernando Santos, bermain di kedua sayap ketimbang di posisi alami No.10.

Tidak banyak perubahan dari Solskjaer dalam hal roll Fernandes, meskipun saran baru-baru ini bahwa bos MU siap untuk beralih ke formasi 4-3-3 dengan dua gelandang serang progresif.

4 dari 5 halaman

Keraguan

Banyak yang percaya ini adalah cara Solskjaer untuk menempatkan Fernandes dan Pogba bersama-sama di depan gelandang bertahan. Dengan alasan itu bisa 'membuka' pemain Prancis itu, yang sepanjang waktunya di Old Trafford telah menjadi peran yang lebih terbatas, atau posisi melebar. .

Itu tentu saja bergantung pada Pogba, apakah ingin bertahan di United, di tengah keraguan yang berkelanjutan atas masa depannya.

5 dari 5 halaman

Tak Ragu

Tidak ada keraguan Fernandes adalah percikan kreatif United dan jimat mereka. Meskipun kedatangan Jadon Sancho, itu masih berarti ada beban berat di pundaknya.

Ketika dia tidak bermain dengan baik, MU tidak bermain dengan sangat baik. Lihat saja performa mereka pada klimaks musim lalu (ketika tim Solskjaer hanya memenangkan satu dari enam pertandingan terakhir mereka, dan Fernandes hanya mencetak satu gol dari permainan terbuka.

Terkadang, United bisa meminta terlalu banyak dari Bruno Fernandes. Kedatangan Sancho dan transfer lainnya, dan perubahan formasi Solskjaer dapat membantu mereka menyusun kerangka kerja ideal di sekitar lynchpin mereka, untuk membantunya mencapai level lain dalam kampanye mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.