Sukses

Lawan Covid-19 dengan Green Pass, Pemerintah Italia Mulai Izinkan Stadion Dibuka 50 Persen

Pemerintah Italia mewacanakan untuk mengizinkan stadion sepak bola diisi 50 persen penonton dari kapasitas. Namun fans hanya diperbolehkan masuk jika memiliki sertifikat vaksin dan dinyatakan negatif covid-19.

Liputan6.com, Roma - Pemerintah Italia mewacanakan untuk mengizinkan stadion sepak bola diisi 50 persen penonton dari kapasitas. Namun fans hanya diperbolehkan masuk jika memiliki sertifikat vaksin dan dinyatakan negatif covid-19.

Seperti dilansir Football Italia, sertifikat yang disebut Green Pass itu menjadi bukti seseorang telah divaksinasi dan negatif covid dalam 48 jam terakhir atau enam bulan terakhir.

Green Pass tersebut rencananya akan diterapkan di seluruh negara anggota Uni Eropa. Kebijakan ini merupakan bagian dari usaha Uni Eropa melawan pandemi covid-19.

Pemerintah Italia sendiri menegaskan Green Pass itu penting dimiliki masyarakat jika ingin menghadiri acara olahraga, atau noton di bioskop. Mereka wajib memilikinya bahkan kalau hanya ingin duduk di restoran mulai 6 Agustus.

Sebelum ditetapkan, Sekretaris bidang Olahraga, Valentina Vezzali sempat meminta kapasitas penonton di stadion diperbolehkan hingga 75 persen. Akan tetapi, pemerintah Italia hanya mengizinkan 50 persen.

 

Saksikan Video Liga Italia di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya di Zona Putih

Tidak hanya itu, kapasitas 50 persen hanya boleh diterapkan di stadion yang wilayahnya masuk dalam zona putih covid-19. Penentuan zona putih itu dilakukan berdasarkan jumlah pasien covid-19 di rumah sakit.

Lebih lanjut, pemerintah Italia juga belum memperbolehkan klub malam buka. Meskipun, kebijakan Green Pass nantinya diterapkan.

3 dari 3 halaman

Kick off 21 Agustus

Liga Italia musim 2021/22 rencananya akan kick off pada 21 Agustus. Belum ada klub yang menjual tiket mereka karena menanti kebijakan pembukaan stadion.

Musim lalu, Inter Milan keluar sebagai juara. Nerazzurri mengakhiri dominasi Juventus yang telah berlangsung selama sembilan musim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.