Sukses

Brisbane Tuan Rumah Olimpiade 2032, Kembali ke Australia Setelah 32 Tahun

Brisbane dipastikan akan menggelar Olimpiade 2032. Terakhir kali Austrlia jadi tuan rumah Olimpiade 2000 di Sydney.

Liputan6.com, Jakarta- Kota Brisbane di Australia telah dipastikan akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Ini menjadi kali ketiga Austrlia menjadi tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

Menariknya Australia menjadi tuan rumah Olimpiade tiga kali di tiga kota berbeda-beda. Sebelumnya Melbourne menjadi tuan rumah pada 1956 dan Sydney pada 2000.

Dengan demikian Olimpiade akan kembali ke Australia setelah 32 tahun. Ada 11 tahun waktu untuk mempersiapkan diri. Brisbane terpilih lewat voting anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Tokyo Jepang.

Ada beberapa negara yang sempat berminat jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Salah satunya adalah Indonesia. Kemudian juga ada Korea Selatan, Rumania, Qatar dan Jerman. Namun negara-negara tersebut tak sampai mengajukan proposal resmi.

Terpilihnya Brisbane sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 sebenarnya sudah diketahui sejak beberapa bulan lalu. Namun baru diresmikan dalam pertemuan anggota IOC pada Rabu (21/7/2021).

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbeda

IOC memberi Brisbane hak negosiasi eksklusif pada bulan Februari. Brisbane praktis tak memiliki rival yang mengajukan penawaran resmi sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Kali ini IOC meninggalkan pemilihan tuan rumah dengan cara lama berupa voting terhadap proposal beberapa negara peminat. Pasalnya ada dugaan jual-beli suara pada penentuan tuan rumah.

Penetapan Rio de Janeiro sebagai tuan rumah Olimpiade 2016 dan Tokyo 2020 masih dalam investigasi soal dugaan jual-beli suara saat voting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.