Sukses

Ganda Putra Kevin/Marcus Menghuni Daftar Peringkat Atas Unggulan Olimpiade Tokyo 2020

Berdasarkan rilisan terbaru Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menuju Olimpiade Tokyo 2020 pasangan ganda putra bulutangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon tercatat sebagai ganda unggulan teratas putra nomor satu dunia.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan rilisan terbaru Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menuju Olimpiade Tokyo 2020 pasangan ganda putra bulutangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon tercatat sebagai ganda unggulan teratas putra nomor satu dunia.

Olimpaide Tokyo 2020 akan dihelat mulai 23 Juli 2021. Pada pembukaan pesta olahraga terbesar empat tahunan tersebut Indonesia mengirimkan dua atlet sebagai pengibar mendera merah putih yakni dibawa oleh Rio Waida atlet surfing asal Bali dan Nurul Akmal berasal dari atlet angkat besi.

Sementara berdasarkan rilisan BWF, wakil dua Jepang dan dua wakil Tiongkok menghuni daftar unggulan teratas Olimpiade Tokyo 2020 di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran.  Indonesia sendiri akan mengirimkan tujuh wakil bulutangkis Indonesia.

Tim bulutangkis Indonesia yang akan siap tanding antara lain Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Jonatan Christie (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Saksikan Video Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut ini daftar unggulan teratas Olimpiade Tokyo 2020

 

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) - Ganda Putra

Pasangan ganda putra merah putih ini berhasil mengumpulkan poin tertinggi pada kualifikasi Olimpiade Tokyo. Yakni dengan raihan 106.853 poin dari 16 turnamen yang mereka ikuti. Kevin/Marcus berhasil mencatatkan namanya sebagai raja turnamen di sektor ganda putra, Mereka berhasil mengoleksi belasan gelar dari rangkaian turnamen BWF World Tour. Kevin/Marcus yang dijuluki The Minions juga berhasil meraih medali emas Asian Games yang berlangsung di Jakarta, pada 2018 lalu.

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) - Ganda Putri

Fukushima/Hirota menjadi salah satu pasangan yang memperkuat tim bulutangkis Jepang saat memenangkan Piala Uber 2018 dan medali emas beregu putri Asian Games 2018 lalu. Keduanya juga tercatat berhasil mengantongi 11 titel juara pada BWF World Tour. Pada rangking kualifikasi Olimpiade Tokyo, Fukushima/Hirota berhasil mengamankan 95.108 poin dari 18 turnamen mereka ikuti.

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok)  - Ganda Campuran

Di sektor ganda campuran, Zheng/Huang menduduki posisi teratas rangking kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Mereka membukukan 105.802 poin dari 13 turnamen yang diikuti. Mereka juga berhasil menjadi juara dunia sebanyak dua kali pada 2018 dan 2019. Zheng/Huang juga mengantongi medali emas Asian Games 2018 dan memperkuat tim bulutangkis Tiongkok dalam merebut Piala Sudirman 2019.

Kento Momota (Jepang) - Tunggal Putra

Lawan Anthony Ginting ini adalah pemain kelahiran 1 September 1994 ini merupakan salah satu andalan tim Negeri Sakura untuk mendulang medali emas. Sepanjang kariernya, Momota telah mengoleksi dua gelar juara dunia. Yaitu pada 2018 dan 2019. Bersama tim bulutangkis Jepang, Momota juga berhasil membawa pulang Piala Thomas pada 2014 lalu. Dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, Momota berhasil mengumpulkan 105.968 poin dari 11 turnamen yang telah dia ikuti.

Chen Yu Fei (Tiongkok) – Tunggal Putri

Chen Yu Fei merupakan pemegang titel juara dunia junior 2016. Sementara di level senior, pebukutangkis tunggal putri nomor dua dunia itu sudah berhasil meraih dua medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2017 dan 2019. Dalam daftar rangking dunia, Chen pernah jadi nomor satu pada 2019 lalu. Tapi saat ini, dia berada satu tingkat di bawah tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying. Chen tercatat berhasil mengantongi 96.465 poin pada kualifikasi Olimpiade lewat 15 turnamen.

Lantas gimana cara menonton Kevin/Marcus dan enam wakil bulutangkis lain? saksikan live streaming Olimpiade Tokyo 2020 Platform Vidio, download GRATIS di PlayStore atau AppStore.

Penulis : Aulia dewi (VIDIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.