Sukses

Pelatih Puas Jepang Tahan Imbang Spanyol di Laga Pemanasan Olimpiade Tokyo

Di sepak bola putra, kompetisi dimulai dua hari lebih awal dari upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta Tim sepak bola Olimpiade putra Jepang meraih hasil imbang 1-1 lawan kandidat peraih medali emas, Spanyol, di Stadion Noevir Kobe, Sabtu 17 Juli 2021 lalu. Ini adalah laga pemanasan terakhir mereka sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo.

Pada pertandingan itu, Ritsu Doan, mencetak gol pembuka Jepang tiga menit sebelum turun minum. Ketinggalan satu gol, Spanyol menekan tanpa henti setelah istirahat.

Akhirnya, usaha mereka terbayar di menit ke-78 lewat gol Carlos Soler. Tuan rumah kembali banyak menciptakan lebih banyak peluang di babak kedua, setelah masuknya penyerang cepat Yokohama F Marinos, Daizen Maeda.

Jepang nyaris memenangkan laga di menit terakhir, jika saja kiper Spanyol Alvaro Fernandez tidak melakukan penyelamatan yang luar biasa setelah menahan tendangan bebas gelandang Jepang Ao Tanaka.

“Kami datang dengan fokus untuk memenangkan pertandingan ini dan sangat disayangkan kami tidak melakukannya,” kata manajer Jepang Hajime Moriyasu.

"Namun, para pemain menunjukkan keuletan yang dibutuhkan. Sangat besar bagi kami untuk mendapatkan gol melawan lawan yang begitu kuat. Kami tidak mendapatkan pemenang, tetapi kami menciptakan peluang yang diperlukan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Lawan Afrika Selatan

Turnamen sepak bola putra Olimpiade baru akan dimulai Kamis 22 Juli 2021 mendatang. Jepang mengawali kompetisi mereka di Grup A mereka melawan Afrika Selatan di Stadion Tokyo.

Tiga hari kemudian, tuan rumah menghadapi Meksiko di Saitama Stadium, sebelum menyelesaikan babak penyisihan grup melawan Prancis pada 28 Juli di International Stadium Yokohama.

3 dari 7 halaman

Laga Seru

Sementara itu, dilaporkan sepak bola adalah salah satu dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade Tokyo 2020. Di nomor putra, kompetisi dimulai dua hari lebih awal dari upacara pembukaan Olimpiade 2020 pada 23 Juli.

Medali emas bakal diperebutkan juara bertahan Brasil dan 15 tim lainnya termasuk tuan rumah, Jepang. Laga seru akan tersaji sejak hari pertama. Brasil akan ditantang Jerman sementara tuan rumah, Jepang meladeni Afrika Selatan.

4 dari 7 halaman

4 Grup

Sebanyak 16 tim tersebut dibagi menjadi empat grup. Jepang akan berada di grup A bersama dengan Afrika Selatan, Meksiko, dan Prancis. Brasil berada satu grup dengan Jerman, Pantai Gading, dan Arab Saudi di grup D.

Untuk Olimpiade, FIFA membuat aturan bahwa hanya pemain berusia di bawah 24 tahun yang boleh ikut. Namun, setiap tim boleh memasukkan tiga pemain senior .

Berikut pembagian grup dan jadwal sepak bola putra di Olimpiade Tokyo:

5 dari 7 halaman

Pembagian Grup

Grup A: Jepang, Afrika Selatan, Meksiko, Prancis

Grup B: Selandia Baru, Korea Selatan, Honduras, Rumania

Grup C: Mesir, Spanyol, Argentina, Australia

Grup D: Brasil, Jerman, Pantai Gading, Arab Saudi

6 dari 7 halaman

Jadwal Fase Grup

22 Juli 2021

Meksiko vs Prancis

Jepang vs Afrika Selatan

Selandia Baru vs Korea Selatan

Honduras vs Rumania

Mesir vs Spanyol

Argentina vs Australia

Pantai Gading vs Arab Saudi

Brasil vs Jerman

25 Juli 2021

Prancis vs Afrika Selatan

Jepang vs Meksiko

Selandia Baru vs Honduras

Rumania vs Korea Selatan

Mesir vs Argentina

Australia vs Spanyol

Brasil vs Pantai Gading

Arab Saudi vs Jerman

 

28 Juli 2021

Prancis vs Jepang

Afrika Selatan vs Meksiko

Rumania vs Selandia Baru

Korea Selatan vs Honduras

Australia vs Mesir

Spanyol vs Argentina

Arab Saudi vs Brasil

Jerman vs Pantai Gading

 

7 dari 7 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.