Perjalanan Wayne Rooney Setelah Meninggalkan Manchester United

Oleh Liputan6.com pada 18 Jul 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2021, 06:00 WIB
Wayne Rooney
Perbesar
Mantan kapten Inggris, Wayne Rooney dan Manajer Derby County Phillip Cocu memberikan keterangan selama konferensi pers di Stadion Pride Park, pinggiran kota Derby, Selasa (6/8/2019). Rooney akan menggunakan nomor punggung 32 ketika membela Derby County mulai Januari mendatang. (Darren STAPLES / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Wayne Rooney sudah melewati masa-masa yang sibuk dan beragam sejak meninggalkan Manchester United atau MU pada 2017 lalu. Ia pergi dengan status sebagai pencetak gol terbanyak MU sepanjang masa.

Sejak Meninggalkan MU, Wayne Rooney telah melawati masa-masa beragamnya di sejumlah klub, seperti Everon, DC Unitedan dan Derby County. Kini, mantan pemain Timnas Inggris menjadi manajer Derby County.

Wazza, panggilan akrabnya, menghabiskan 13 tahun bersama MU setelah didatangkan dari Everton pada 2004, dengan membuat 559 penampilan untuk MU dan mencetak 253 gol. Sudah bermacam-macam gelar ia raih bersama Setan Merah selama kariernya, seperti Liga Inggris dan Liga Champion.

Rooney mengakhiri kariernya bersama The Red Devills dengan memberikan kemenangan dalam laga Liga Europa pada 24 Mei 2017. Lalu ia kembali ke klub masa kecilnya Everton dengan status bebas transfer.

Saksikan Video Wayne Rooney

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kembali ke Everton

Pesepak Bola Keluarga Miskin
Perbesar
6. Wayne Rooney (Everton) - Masa kecil mantan penyerang Manchester United ini jauh dari kata menyenangkan. Namun berkat semangat dan kemampuannya mengolah bola, akhirnya ia menjadi salah satu striker terbaik di Dunia. (AFP/Paul Ellis)

Perjalan Rooney di Goodison Park tidaklah mudah. Dia sempat mendapati reaksi yang beragam dari fans Everton saat kembali ke sana. Tetapi, Rooney dengan cepat mengambil hati para penggemar dengan gol debutnya di liga saat Everton menang  1-0 atas Stoke City.

Tak hanya itu, dia kemudian melakukan hattrick berkelas sekaligus gol indah yang menjadi momen manis bagi Rooney saat di Merseyside. Dia membantu Everton Menang 4-0 atas West Ham di 2017.

Dengan kontrak dua tahun, Rooney justru pergi setelah hanya satu tahun berseragam Everton. Dia memutuskan pindah ke Amerika Serikat dan bergabung bersama klub DC United di Major League Soccer.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bermain di MLS

Wayne Rooney
Perbesar
Wayne Rooney meraih kemenangan pertama bersama DC United. (doc. DC United)

Bergabung sejak 2018, dengan jiwa kepemimpinan dan segudang pengalaman yang dia miliki, Rooney dipercayai menjadi kapten di pertengahan musimnya bersama DC United. Dia juga sukses melesakkan gol pertamanya untuk DC United.

Kisah Rooney tidak berlangsung lama di Amerika Serikat. Usai membantu ke play-off, mendapatkan penghargaan sepatu emas, dan mencetak gol jarak jauh, Rooney meninggalkan DC United setelah 18 bulan berada di klub.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kembali ke Inggris Sebagai Pelatih

Harry Kane dan 8 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Inggris Sepanjang Sejarah
Perbesar
2. Wayne Rooney (208 gol) - Wayne Rooney merupakan salah satu pemain yang sangat mematikan di daerah pertahanan lawan. Mantan pemain Manchester United yang kini berseragam Derby Country ini telah mengoleksi 260 gol selama berkarier di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Pada 2020, tapatnya bulan Januari, Rooney memastikan kembali ke Inggris untuk bergabung bersama Derby County. Di awal karier bersama Derby, dia langsung dipercaya menjadi kapten dan melesakkan enam gol dari 24 pertandingannya bersama The Rams.

Saat Derby County banyak ditinggal tim pelatihnya pada 26 November 2020, Rooney saat itu juga dipercaya untuk menahkodai tim yang bermarkas di Pride Park. Namun, dia baru diberi pekerjaan saat 15 Januari 2021 dan pada saat itu juga pensiun sebagai pemain.

Tantangan Rooney saat ini adalah bagaimana membangun tim yang mampu terhindar dari keterpurukan dan mampu mengantisipasi tekanan agar terus bertahan di kasta kedua Liga Inggris, bahkan promosi ke Liga Primer.

Wayne Rooney akan menghadapi Manchester United dalam laga persahabatan yang akan dihelat Minggu (18/7/2021) pukul 19.00 WIB di Pride Park Stadium, Derby, Inggris.

 

Penulis: Ali Muhammad

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya