Sukses

BWF Rilis Keputusan Sistem Perhitungan Poin Pertandingan Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Federasi Bulu Tangkis dunia (BWF) telah merilis terkait ketentuan terbaru kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang akan dilaksanakan pada 23 Juli sampai 8 Agustus

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF telah merilis ketentuan sistem poin di Olimpiade Tokyo 2020 pada Mei 2021. Pesta olahraga empat tahunan itu akan berlangsung 23 Juli hingga 8 Agustus di Jepang. 

Seperti dilansir BWF di situs resminya, memutuskan format skor bulu tangkis yang berlaku saat ini yakni 21 poin dalam tiga gim atau 3x21. Sekertaris Jenderal BWF Thomas Lund mengatakan keputusan sistem skor sudah diambil melalui proses yang cukup sulit.

“Kami rasa ini adalah solusi terbaik dan adil, menjadi prioritas utama kami untuk menyelenggarakan turnamen-turnamen ini yang merupakan bagian dari penyesuaian kondisi bulu tangkis setelah Covid 19 mulai mereda," kata Thomas Lund, Kamis 15 Juli 2021.

Pertandingan cabang olahraga bulu tangkis khusus Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, akan disiarkan langsung melalui platform Vidio, link tertera paragraph terakhir artikel.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kualifikasi Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

 Kualifikasi Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

· Semua poin yang telah didapat atlet dari turnamen yang telah selesai pada masa kualifikasi Olimpiade sampai All England 2020 akan tetap masuk dalam poin Race to Tokyo.

· Turnamen-turnamen yang telah dijadwal ulang oleh BWF terhitung dari Agustus-Desember 2020 hasilnya tidak akan masuk ke perhitungan poin Race to Tokyo.

· Priode kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 akan dimulai lagi pada minggu pertama hingga minggu ke 17 di 2021. Dan hanya mencakup turnamen yang telah tertunda atau batal akibat dampak Covid 19 pada 2020, di antaranya yaitu German Open, Swiss Open, Lingshui China Master, Orleans Masters, India Open, Malaysia Open, Singapore Open dan kejuaraan kontinental individual (Badminton Asia Championships, European Championships dan sebagainya).

· Pemain dari Tiongkok dan Hong Kong yang tahun ini tidak mendapat poin dari kejuaraan Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 di Manila Filipina, akan mendapat poin dari Badminton Asia Mixed Team Championships (BAMTC) 2021. Hal ini dikarenakan absennya kedua tim tersebut diakibatkan oleh peraturan pembatasan perjalanan akibat Covid 19 dari pemerintah Filipina.

Olimpiade Tokyo 2020 akan dihelat mulai 23 Juli 2021 smapai 8 Agustus 2021. Ajang multievent yang hanya digelar empat tahun sekali ini khusus cabang badminton dimulai 24 Juli sampai 2 Agustus 2021 venue acara Musashino Forest Sport Plaza, Jepang.

 

Sistem aturan cabang badminton  Olimpiade Tokyo 2020

Total sektor : Tunggal (Putra/Putri), Ganda (Putra/Putri/Campuran)

Fase awal : sektor tunggal fase grup (14 grup) sistem pertandingan, juara grup A dan P langsung masuk 8 besar, sisanya mengawali dari 16 besar. Sektor ganda fase grup 4 grup, juara dan runner up lolos 8 besar. Berlaku sistem undian yang sama seperti Olimpiade 2016.

Sistem skor : Rally Point 21

Secara keseluruhan cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020 melibatkan 173 atlet dari 50 negara. Para atlet cabang bulutangkis tersebar atsa 5 kategori yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dna ganda campuran.

Dukung 7 wakil bulutangkis Indonesia yang akan raih medali Olimpiade ini, pertandingan hari pertama bisa nonton GRATIS dengan menyaksikan live streaming Olimpiade Tokyo 2020 Platform Vidio, download GRATIS di PlayStore atau AppStore.

Penulis : Aulia Dewi (VIDIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.