Kompilasi Rekor di Copa America 2021 : Argentina Samai Trofi Uruguay, Lionel Messi Pecah Telur

Oleh Liputan6.com pada 13 Jul 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 13 Jul 2021, 08:00 WIB
Messi Akhiri Puasa Gelar Argentina
Perbesar
Penyerang Argentina, Lionel Messi mencium trofi setelah mengalahkan Brasil 1-0 dalam pertandingan sepak bola final Copa America di stadion Maracana di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (11/7/2021). Kemenangan di final ini sangat bersejarah bagi Lionel Messi. (AP Photo/Bruna Prado)

Liputan6.com, Jakarta Copa America 2021 telah usai dengan menempatkan Argentina sebagai juara. Argentina menjadi juara usai kalahkan Brasil dengan skor 1-0 di final Copa America 2021 yang berlangsung di stadion Maracana.

Perhelatan Copa America 2021 terasa spesial bagi Argentina yang menunggu prestasi di event internasional selama 28 tahun. Argentina juga terakhir meraih gelar juara di Copa America 1993.

Pertandingan final melawan Brasil adalah final ke-47 Argentina setelah kalah di empat final di edisi 2004, 2007, 2015, dan 2016. Gol Di Maria menjadi gol penentu kemenangan Argentina setelah hampir berakhir imbang.

Pemain dengan segudang trofi bersama Barcelona, Lionel Messi pun akhirnya berhasil mengangkat piala bersama Argentina. Messi berhasil pecah telur setelah menunggu sekian lama.

Lionel Messi juga telah menuntaskan puasa gelar La Albiceleste selama 28 tahun. Juga membawa Argentina menjadi negara tersukses dalam turnamen sepak bola di Amerika Selatan dengan total koleksi 15 gelar juara.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Komplet

Foto Copa America: Momen Terbaik Sepanjang Copa America 2021, Lionel Messi Akhirnya Juara
Perbesar
Megabintang Argentina, Lionel Messi, diangkat oleh rekan-rekannya usai berhasil membawa Tim Tango menaklukkan Brasil sekaligus mengunci gelar juara Copa America 2021 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (11/7/2021) .(Foto: AFP/Carl De Souza)

 

Terhitung sudah 15 tahun sejak Messi tampil pertama kali bersama tim nasional di turnamen besar. Dia sudah melewati turnamen Piala Dunia dan Copa America dalam 53 pertandingan.

Messi yang memenangkan penghargaan Bola Emas sebelum pertandingan final dimulai, dan Sepatu Emas untuk Luis Diaz dari Kolombia. Keduanya sama-sama mencetak 4 gol di Copa America 2021, namun Messi lebih memiliki banyak assist ketimbang pemain sayap Kolombia yang berusia 24 tahun tersebut.

Dengan hal itu, Messi menjadi pemain pertama dengan pencetak gol terbanyak, assist terbanyak, memenangkan Golden Ball, dan Meraih Juara bersama tim nasionalnya.

Berikut kumpulan rekor di Copa America 2021, yang bisa anda lihat di halaman selanjutnya:

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kompilasi Rekor

Copa America 2021 Argentina melawan Brasil
Perbesar
Neymar dan Lionel Messi berpelukan sebelum pertandingan sepak bola Final Copa America 2021 yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (10/07/2021). (AP/Silvia Izquierdo)

 

Tim dengan gol terbanyak

Brazil (12 gol)

Pencetak Gol Terbanyak

Lionel Messi (4 gol)

Luis Diaz (4 gol)

Assist terbanyak

Lionel Messi (5 Assist)

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kompilasi Selanjutnya

Tim dengan kebobolan paling sedikit

Brazil (2 gol)

Gelar Copa America terbanyak

Argentina & Uruguay (15)

Brazil (9)

Paraguay (2)

Chile (2)

Peru (2)

Penulis: Ali Muhammad

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Video Menarik

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya