Sukses

Juara Euro 2020, Ini Daftar Lengkap Koleksi Trofi Italia

Koleksi trofi Italia bertambah usai juara Euro 2020. Gli Azzurri merebut gelar usai menaklukkan Inggris 3-2 (1-1) melalui adu penalti

Liputan6.com, Jakarta - Koleksi trofi Italia bertambah usai juara Euro 2020. Gli Azzurri merebut gelar usai menaklukkan Inggris 3-2 (1-1) melalui adu penalti di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Sempat tertinggal gol cepat Luke Shaw, Italia menyamakan kedudukan melalui Leonardo Bonucci. Mereka kemudian menguasai pertandingan, tapi membutuhkan adu penalti untuk meraih kemenangan.

Hasil ini merupakan penutup sempurna bagi Italia yang tampil impresif sejak awal. Kemenangan mereka pun diwarnai rekor tidak terkalahkan dalam 34 pertandingan.

Italia kini menjadi negara tersukses kedua pada pentas Piala Eropa. Ditambah prestasi pada Piala Dunia, Negeri Piza mengukuhkan diri sebagai salah satu negara tersukses di sepak bola.

Berikut rincian gelar Italia di pentas internasional:

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Piala Dunia

Menjadi negara pertama yang sukses mempertahankan gelar, Italia mengoleksi empat trofi ajang ini. Terakhir mereka jadi juara pada 2006.

Namun, setelahnya kinerja Gli Azzurri sangat buruk. Mereka dua kali terhenti di fase grup dan gagal lolos turnamen di Rusia tiga tahun lalu.

Dengan empat titel, Italia bersanding bersama Jerman dan hanya kalah dari Brasil pada daftar tersukses.

3 dari 4 halaman

Piala Eropa

Italia kini memenangkan dua edisi Euro pada 1968 dan 2020. Mereka menyamai torehan Prancis yang terlebih dahulu melakukannya tahun 2000.

Cuma ada dua negara yang mengungguli Italia, yakni Jerman dan Spanyol.

4 dari 4 halaman

Piala Konfederasi

Italia memiliki tiga kesempatan berpartisipasi di Piala Konfederasi. Namun, mereka menolak ambil bagian untuk edisi 2003.

Akhirnya ikut pada turnamen 2009 dan 2013, Italia berhasil menduduki peringkat tiga di penampilan terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.