Sukses

Euro 2020 (Euro 2021) : Aturan Ketat Penonton yang Hadir di Stadion Wembley

Stadion Wembley di London akan menjadi venue pertandingan final Euro 2020 yang mempertemukan Italia melawan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Euro 2020 memasuki babak final. Laga ini akan mempertemukan Italia melawan Inggris di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) pukul 02:00 WIB.

Italia menyingkirkan Spanyol pada laga semifinal Euro 2020. Pasukan Roberto Mancini menang 4-2 lewat adu tendangan penalti setelah bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu.

Sementara Inggris menumbangkan Denmark. Sempat tertinggal terlebih dahulu, skuat asuhan Gareth Southgate berbalik menang 2-1.

Laga Italia kontra Inggris merupakan duel klasik. Sebab, kedua tim memiliki tradisi kuat dalam sepak bola.

Dini hari nanti, mata para pecinta sepak bola akan tertuju pada duel ini. Bagaimana aturan menonton langsung laga ini di Stadion Wembley. Simak selengkapnya di halaman berikutnya. 

 

Saksikan juga edisi khusus final Euro 2020 / 2021 melalui tautan ini...

 

Saksikan Video Euro 2020 di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah penonton

Stadion Wembley adalah salah satu dari 11 stadion yang menjadi venue Euro 2020. Di babak 16 besar, saat laga Italia vs Austria, stadion ini menyediakan 21.500 tempat duduk untuk penonton.

Sementara ketika tuan rumah Inggris menghadapi Jerman pada babak 16 besar, kapasitas penontonnya ditingkatkan menjadi 50 persen dari total 90 ribu tempat duduk. Untuk laga semifinal dan final, jumlah penonton meningkat menjadi 75 persen.

UEFA, selaku penyelenggara Piala Eropa, telah mengambil beberapa penting untuk menjaga keamanan penonton di Wembley Stadium. Prioritasnya adalah memberikan Euro yang aman bagi semua orang.

3 dari 4 halaman

Aturan baru

UEFA menerapkan beberapa aturan baru untuk laga Euro 2020 yang dihadiri penonton. Hal ini sebagai antisipasi terhadap penyebaran Covid-19.

Berikut beberapa aturan tersebut seperti dikutip dari situs UEFA:

1. Slot waktu masuk yang ditentukan untuk setiap pemegang tiket: penonton memiliki waktu 30 menit untuk tiba di stadion untuk memastikan kepatuhan terhadap pedoman jarak sosial.

2. Kebersihan: rata-rata 800 unit hand sanitiser ditempatkan pada titik-titik strategis di sekitar setiap stadion. Semua stadion tempat digelarnya Euro 2020 dibersihkan secara teratur sepanjang hari pertandingan.

3. Antrean: tanda lantai yang jelas membantu penonton untuk mempertahankan gerakan tanpa mengorbankan peraturan jarak sosial.

4. Kesadaran publik: langkah-langkah keamanan dipromosikan secara gencar di setiap stadion sehingga semua orang mengetahui aturan tersebut.

5. Transaksi tanpa uang tunai: setiap tempat menerima pembayaran dengan kartu

6. Aturan lainnya adalah pemeriksaan suhu dan tes Covid-19. Tes harus dilakukan dalam waktu 48 jam sejak gerbang stadion dibuka (artinya tiga jam sebelum pertandingan dimulai).

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.