Sukses

Euro 2020 (Euro 2021) : Rekor Sia-sia Cristiano Ronaldo

Delapan rekor dibuat Cristiano Ronaldo di Euro 2021. Namun, deretan rekor itu sepertinya kurang berarti karena Portugal gagal mempertahankan gelar juara.

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo masih menunjukkan ketajamannya dalam urusan mencetak gol di Euro 2020 (Euro 2021). Bintang Portugal itu mencetak lima gol dalam empat laga yang dimainkan.

Cristiano Ronaldo membuka keran golnya saat Portugal menghadapi Hungaria di laga perdana Grup F Euro 2020. CR7 mencetak dua gol dalam laga yang berakhir 3-0 untuk juara bertahan.

Satu gol dicetak Ronaldo ketika Portugal melawan Jerman pada laga kedua. Sayang, Seleccao kalah 2-4 dari tim Panser.

Di laga pamungkas Grup F melawan Prancis, Ronaldo lagi-lagi kembali menunjukkan ketajamannya. CR7 mengemas dua gol untuk membuat laga pamungkas itu berakhir imbang 2-2.

Portugal pun lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. 

Ikuti berita edisi khusus final Euro 2020 / 2021 lewat tautan ini.

Saksikan Video Cristiano Ronaldo di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Deretan rekor

Sebelum laga Portugal melawan Hungaria, Cristiano Ronaldo dan legenda Prancis Michel Platini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala Eopa dengan sembilan gol. Tapi, status itu sekarang hanya milik CR7 karena koleksi golnya menjadi 14.

Rekor lainnya yang dibuat bintang Juventus itu yakni menjadi orang pertama yang mengikuti lima edisi Euro. Sebelumnya, Ronaldo dan 16 pemainnya lainnya telah tampil di empat edisi Piala Eropa.

Selain itu, dengan tampil di lima edisi Euro, Ronaldo menjadi pemain yang selalu mencetak gol di setiap turnamen tersebut. Kini ia juga memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak untuk Portugal dengan 109 gol.

Tak hanya itu, jumlah gol Ronaldo sekarang juga menyamai rekor gol terbanyak laga internasional milik striker legendaris Iran Ali Daei.

 

3 dari 5 halaman

Rekor lainnya

Ronaldo juga mencatatkan dirinya yang selalu menyumbang gol pada 11 turnamen internasional senior secara beruntun. Rekor beruntun terpanjang yang pernah dicatatkan pemain sepanjang sejarah.

Perinciannya di ajang Euro 2004, Piala Dunia 2006, Euro 2008, Piala Dunia 2010, Euro 2012, Piala Dunia 2014, Euro 2016, Confederations Cup 2017, Piala Dunia 2018, UEFA Nations League 2019, dan Euro 2020.

Ronaldo sekarang menjadi top skor sepanjang masa di kompetisi elite UEFA untuk klub dan negara. Ia total mencatak 145 gol dalam dua kategori tersebut jika dikombinasikan.

Selain itu, dia juga membukukan kemenangan terbanyak di Piala Eropa, yakni 12. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding pemain mana pun dalam sejarah turnamen ini.

4 dari 5 halaman

Tidak menolong

Sayang, delapan rekor yang dibuat Cristiano Ronaldo di Euro 2020 sepertinya kurang berarti. Sebab, pemenang Ballon d'Or itu gagal membantu Portugal mengulangi prestasinya seperti di Euro 2016.

Langkah Portugal harus terhenti di babak 16 besar. Ronaldo dan kawan-kawan kalah 0-1 dari Belgia.

Sementara empat tahun lalu, Ronaldo membantu Portugal memenangkan gelar juara meski di laga final hanya bermain 25 menit akibat dilanggar gelandang Prancis Dimitri Payet. Meski demikian, CR7 tetap berada di pinggir lapangan untuk menyemangati rekan-rekannya.

Portugal akhirnya mengalahkan tuan rumah Prancis melalui babak perpanjangan waktu. Pasukan Fernando Santos menang 1-0 berkat gol Eder di menit ke-109.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.