Sukses

Analisa Formasi Inggris di Euro 2020 : Tiga Singa Punya Kedalaman Skuat

Inggris punya kedalaman skuat sehingga Gareth Southgate bisa leluasa untuk menggonta ganti pemainnya selama Euro 2020.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris hadir di Euro 2020 dengan sederet pemain berbakat. Nama-nama pemain sangat familiar bagi pecinta bola dunia karena mayoritas main di Liga Inggris yang super populer di dunia.

Inggris punya pakem formasi yang menyerang. Mereka pede gunakan formasi 4-3-3 karena stok penyerang mereka melimpah.

Yang unik, nama Bukayo Saka, yang merupakan winger Arsenal, mengalahkan nama-nama tenar di daftar susunan pemain seperti Jack Grealish, Phil Foden atau Jadon Sancho.

Padahal dilihat dari popularitas, Jack Grealish dan Jadon Sancho tentu lebih tinggi. Meski tentunya ini tak menjadi faktor yang dipilih pelatih Inggris, Gareth Southgate.

Dirunut sejak laga pertama Inggris di penyisihan grup D Piala Eropa 2020 hingga semifinal, Gareth Southgate sebenarnya tak punya pakem tetap. Mantan pelatih Aston Villa dan Inggris U-21 ini seperti mencoba-coba pemain yang dimilikinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Otak Atik Formasi

 

Southgate tak hanya merotasi lini depan. Lini belakang dan tengah pun tak luput dari targentya untuk dirotasi.

Ini dimungkinkan karena Southgate punya stok pemain yang bagus. Inggris tak bisa disangkal punya kedalaman skuat yang bagus.

Southgate dalam hal ini sangat fokus dengan pekerjaannya. Jelang lawan Jerman di 16 besar misalnya, dia ogah menuruti permintaan eks pelatih Jerman, Jurgen Klinsmann yang heran Jadon Sancho tak diturunkan.

"Di Bundesliga, Jadon Sancho memberi pengaruh, semoga Southgate tak mengubah formasi (tak menurunkan Jadon Sancho)," ujar Klinsmann.

 

 

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

Tak Egois

 

Pemilihan pemain yang dilakukan oleh Southgate mengundang komentar dari pengamat. Namun rata-rata pujian yang keluar.

"Tidak ada ego di ruang ganti. Dia membuat keputusan yang perlu dibuat agar tim berhati-hati dan dia mengutamakan tim," ujar Garry Neville.

 

4 dari 6 halaman

Fase Grup

 

Lawan Kroasia

Inggris : Pickford; Kyle Walker, Mings, Stones, Trippier; Mount, Kalvin Philips, Declan Rice; Foden, Kane, Sterling

Lawan Skotlandia

Inggris : Pickford; Luke Shaw, Mings, Stones, James; Mount, Kalvin Philips, Declan Rice; Foden, Kane, Sterling

Lawan Republik Ceko

Inggris : Pickford; Kyle Walker, Harry Maguire, Stones, Luke Shaw; Kalvin Philips, Declan Rice; Bukayo Shaka, Jack Grealish, Sterling; Harry Kane

 

 

5 dari 6 halaman

16 Besar- Semifinal Euro 2020

 

Lawan Jerman (16 Besar)

Inggris : Pickford; Kyle Walker,Stones, Maguire; Trippier, Kalvin Philips, Declan Rice, Luke Shaw; Sterling, Bukayo Saka; Harry Kane

Lawan Ukraina (Perempat Final)

Inggris : Pickford; Kyle Walker, Harry Maguire, Stones, Luke Shaw; Kalvin Philips, Declan Rice; Jadon Sancho, Mason Mount, Sterling; Harry Kane

Lawan Denmark (Semifinal)

Inggris : Pickford; Kyle Walker, Harry Maguire, Stones, Luke Shaw; Kalvin Philips, Declan Rice; Bukayo Shaka, Mason Mount, Sterling; Harry Kane

 

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.