Sukses

Kandidat Top Skor Euro 2020 / 2021: Cristiano Ronaldo dan Schick Terdepan, Harry Kane Mengintip

Euro 2020 / 2021 sebentar lagi akan mementaskan laga puncak. Inggris dan Italia menjadi dua tim yang berhasil melaju ke laga final, Senin (12/7/2021) di stadion Wembley.

Liputan6.com, Jakarta - Euro 2020 / 2021 sebentar lagi akan mementaskan laga puncak. Inggris dan Italia menjadi dua tim yang berhasil melaju ke laga final, Senin (12/7/2021) di stadion Wembley.

Laga Inggris vs Italia dipandang sebagai final ideal. Maklum, keduanya menunjukkan performa memukau sejak laga pertama fase grup.

Italia dan Inggris sama-sama lolos dari fase grup di posisi pertama. Italia merupakan alumnus grup A, sementara Inggris mewakili grup E.

Selain memperebutkan trofi juara, para pemain Inggris dan Italia juga punya kans meraih gelar top skor Euro 2020 /2021. Namun Inggris lebih berpeluang lewat Harry Kane dan Raheem Sterling.

Saat ini, posisi top skor Euro masih dipegang dua pemain, Cristiano Ronaldo (Portugal), dan Patrick Schick (Republik Ceko). Kedua pemain sama-sama telah mencetak lima gol.

Kane sendiri ada di peringkat ketiga dengan empat gol. Bomber Tottenham Hotspur itu paling tidak harus mencetak satu gol untuk juga mendapat predikat top skor.

Selain Kane, Inggris juga menempatkan Sterling di daftar pencetak gol Euro 2020 / 2021. Sterling telah membukukan tiga gol sepanjang turnamen.

 

Saksikan Video Euro 2020 / 2021 di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Italia Punya Empat

Di sisi lain, Italia punya empat pemain yang telah mencetak dua gol. Empat pemain itu adalah Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Matteo Pessina, dan Manuel Locatelli.

Dari ke-4 pemain itu, Insigne dan Immobile rasanya paling berpeluang. Pasalnya, kedua pemain merupakan pilihan utama pelatih Roberto Mancini.

Namun Insigne dan Immobile punya tugas berat jika ingin menjadi top skor. Mereka harus masing-masing membobol gawang Inggris di final sebanyak tiga kali.

3 dari 4 halaman

Top skorer bersama

Melihat fakta-fakta di atas, Ronaldo dan Schick sepertinya akan menyandang gelar top skor di Euro 2020 / 2021. Itu jika Kane gagal mencetak gol di laga final melawan Italia.

Rekor top skor bersama di Euro terjadi pada edisi 2012. Ketika itu, enam pemain menjadi top skorer dengan torehan tiga gol.

Di sisi lain, rekor jumlah gol terbanyak untuk top skor di Euro masih dipegang Michel Platini. Legenda Prancis itu memborong sembilan gol di Euro 1984.

4 dari 4 halaman

Daftar Top Skor Euro 2020 / 2021

5 gol

Cristiano Ronaldo (Portugal)

Patrick Schick (Republik Ceko)

 

4 gol

Romelu Lukaku (Belgia)

Emile Forsberg (Swedia)

Karim Benzema (Prancis)

Harry Kane (Inggris)

 

3 gol

Kasper Dolberg (Denmark)

Xherdan Shaqiri (Swiss)

Alvaro Morata (Spanyol)

Raheem Sterling (Inggris)

Robert Lewandowski (Polandia)

Haris Seferovic (Swiss)

 

2 Gol

Lorenzo Insigne (Italia)

Ciro Immobile (Italia)

Federico Chiesa (Italia)

Yusuf Poulsen (Denmark)

Memphis Depay (Belanda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.