Sukses

Copa America 2021 : Sudah Berapa Kali Brasil Bertemu Argentina di Babak Final ?

Timnas Argentina bakal berhadapan dengan timnas Brasil pada final Copa America 2021.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Brasil akan berhadapan dengan Argentina pada final Copa America 2021 yang berlangsung di Stadion Maracana, Sabtu (11/7/2021) mendatang. Duel ini diprediksi bakal berlangsung sengit mengingat rivalitas kedua negara yang selama ini dikenal sangat panas untuk urusan lapangan hijau. 

Pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar dan live streaming di vidio.  

Argentina dan Brasil dikenal sebagai negara dengan akar sepak bola yang kuat. Tidak ada yang membantah kehebatan kedua negara Amerika Latin tersebut. Selain sama-sama pernah menjadi juara dunia, talenta-talenta sepak bola dari Negeri Tango dan Negeri Samba seakan tidak pernah kering. 

Dua legenda sepak bola dunia lahir dari kedua negara ini. Argentina dengan mendiang Diego Maradona, sementara Brasil boleh berbangga dengan Edson Arantes do Nascamento aka Pele. 

Siapa yang lebih hebat? Pendukung masing-masing tim punya tolok ukur sendiri. Namun yang pasti, pertemuan Argentina dan Brasil di lapangan hijau kerap menghadirkan drama yang menarik. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Supercalsico de las Americas

Seperti dilansir dari AS, Copa America merupakan awal pemicu rivalitas kedua raksasa Latin tersebut. Pertarungan sengit diawali dari final Kejuaraan Amerika Latin (cikal bakal Copa America) pada tahun 1937. Saat itu, timnas Argentina berhasil memenangkan pertandingan atas timnas Brasil. 

Dalam dua pertemuan di ajang yang sama berikutnya, giliran Brasil yang mendominasi. Salaceo menang lewat adu penaltii pada Copa America 2004. Tiga tahun berikutnya, Brasil kembali memenangkan pertandingan dengan skor  3-0 pada babak final yang berlangsung di Venezuela.

 

3 dari 3 halaman

Piala Konfederasi 

Di level utama kejuaraan internasional, Argentina dan Brasil terbilang jarang bertemu di partai puncak. Satu-satunya pertemuan yang melibatkan kedua negara ini hanya final Piala Konfederasi 2015 lalu. 

Saat itu, Brasil datang sebagai penyandang gelar juara dunia sedangkan Argentina sebagai runner up Copa America. Dalam duel final yang berlangsung di Frankfurt, Jerman tersebut, Selecao berhasil menang 4-1 di mana gol-gol timnas Brasil dicetak oleh Adriano (2), Kaka dan Ronaldinho.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.