Sukses

Denmark vs Inggris di Semifinal Euro 2020, Southgate Belajar dari Kegagalan

Timnas Inggris bakal berhadapan dengan Denmark pada babak semifinal Euro 2020 / 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate sudah siap menghadapi tekanan timnas Spanyol pada semifinal Euro 2020 / 2021, Kamis dini hari (8/7/2021) pukul 02.00 WIB. Kedua negara bakal bertemu di Wembley Stadium, kota London, yang tidak lain merupakan markas Three Lions. 

Southgate meyakini pengalaman yang diperoleh pasukannya usai kegagalan di semifinal dua turnamen sebelumnya membuat Inggris lebih siap melawan Denmark. Seperti diketahui, Inggris harus tumbang di semifinal di Piala Dunia 2018 oleh Kroasia 2-1. Selanjutnya, Inggris kembali dipaksa menelan pil pahit setelah keok 1-3 dari Belanda pada semifinal UEFA Nations League 2019.

Di sisi lain, andai menang pada semifinal Euro 2020 nanti, Inggris untuk pertama kalinya bakal kembali tampil di partai final turnamen besar. Pasalnya The Three Lions belum pernah lagi menginjakkan kakinya di partai puncak kompetisi resmi sejak menjuarai Piala Dunia1966.

“Kami lebih siap untuk semifinal ini karena kami telah menjalaninya sebelumnya. Kami memiliki dua semifinal lainnya sebelum yang ini," kata Southgate kepada BBC Sport.

“Dan meskipun itu tidak menentukan menang atau kalah dalam permainan sepak bola, ada banyak faktor yang kami sadari dan kami telah tangani sebelumnya yang membantu Anda mempersiapkan diri dengan cara yang lebih baik," beber pelatih 49 tahun itu.

“Misalnya, setelah pertandingan di Roma, selebrasi berada pada level tertentu, di mana mungkin di Rusia untuk melewati pertandingan sistem gugur pertama, untuk lolos ke perempat final, membutuhkan banyak energi emosional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Suporter

Selain itu, eks juru taktik Middlesbrough ini juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para penggemar timnas Inggris atas loyalitasnya pada laga perempat final lawan Ukraina, Sabtu lalu (3/7/2021). Pada laga itu, Harry Kane dan kolega menggilas Ukrania dengan skor 4-0 guna memastikan langkahnya ke babak 4 besar Piala Eropa 2021.

“Di Roma pada laga perempat final, penting untuk pergi dan berterima kasih kepada para penggemar yang datang dalam jumlah seperti itu, tetapi semua orang cukup tenang tentang apa yang sedang terjadi dan kami tahu kami belum mencapai apa yang ingin kami capai," ungkap Southgate.

“Jadi, hal-hal itulah yang saya pikir mempersiapkan Anda untuk pertandingan besar seperti ini," tuturnya.

 

Penulis: Akbar Bintang Fahrizal

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.