Sukses

Gara-Gara Ingin Nampang di TV, Wanita Ini Sebabkan Kecelakaan Horor di Tour de France

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu ditangkap dan ditahan sehubungan dengan insiden horor di balapan Tour de France

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggara Tour de France secara resmi telah mencabut pengaduan terhadap seorang wanita yang menyebabkan salah satu kecelakaan terburuk dalam sejarah kompetisi bersepeda itu. Namun, wanita yang tidak disebutkan namanya itu tetap kemungkinan akan menghadapi tuntutan jaksa.

Seperti diketahui, wanita itu diduga membentangkan spanduk yang menyebabkan jatuhnya puluhan pengendara sepeda selama tahap pertama Tour de France pada Sabtu (26/6) lalu. Kecelakaan terjadi di dekat kota Saint-Cadou, 30 mil dari akhir balapan dari Brest ke Landerneau

Direktur balapan Christian Prudhomme menyatakan keprihatinannya terhadap wanita Prancis berusia 30 tahun yang saat ini berada dalam tahanan polisi. Sesaat setelah kejadian dia kemudian melarikan diri, meninggalkan pengendara sepeda terluka parah.

Wanita itu telah ditahan polisi sejak Rabu lalu, usai empat hari dalam pelarian. Dia diketahui telah meminta untuk menemui dokter, kata seorang sumber investigasi. "Kami ingin menenangkan segalanya, dan di atas segalanya untuk menyampaikan pesan kepada publik," kata Christian Prudhomme.

Dia mengatakan bahwa keselamatan dasar tidak boleh menghalangi orang bersenang-senang, menjelaskan: 'Ini adalah masalah mengulangi tindakan pencegahan pada rute Tur. Ketika Anda datang ke jalan-jalan Tour de France, ini untuk pesta, untuk antusiasme, untuk menikmatinya.”

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luka-luka

Seperti yang terekam dalam video, wanita itu berdiri di pinggir jalan dan menyeringai ke kamera TV sambil memegang papan besar bertuliskan 'Pergi! Nenek dan Kakek 'dalam campuran Perancis dan Jerman.

Dia memunggungi pembalap yang mendekat dan memukulnya dengan lengan kiri. Pembalap Jerman Tony Martin adalah yang pertama jatuh, dan kemudian ada efek domino mengerikan dengan tumpukan sepeda dan tubuh. Ada banyak pembalap terluka, termasuk Jasha Sütterlin, pebalap Jerman lainnya,

3 dari 4 halaman

Melarikan Diri

Wanita itu menghilang sebelum akhirnya ditahan polisi di kota Landerneau di Brittany. Dia tinggal di departemen Finistere di Brittany, tempat Landerneau berada, dan mengaku ingin menyampaikan pesan kepada kakek-neneknya melalui kamera TV.

"Dia tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk sampai ke perlombaan, dan jelas tahu bagaimana melarikan diri setelah menyebabkan begitu banyak kerusakan," kata investigasi.

4 dari 4 halaman

Penyelidikan

Banyak saksi diwawancarai, dan rekaman kamera juga diperiksa untuk melacak tersangka, sebelum dia menyerahkan diri. "Sekarang dia telah ditangkap, dia harus ditanyai panjang lebar, untuk mengetahui persis apa motifnya," kata sumber itu.

Sementara itu, Jaksa telah membuka penyelidikan kriminal karena dinilai dengan sengaja melanggar peraturan keselamatan dan menyebabkan cedera yang mungkin membuat seseorang tidak dapat bekerja hingga tiga bulan.'

Ini adalah pelanggaran yang dapat didakwa di Prancis yang dapat dihukum hingga satu tahun penjara dan denda yang setara dengan hanya di bawah 13.000 pounds.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.