Sukses

Prediksi Euro 2020 Swedia vs Ukraina : Duel Tim Kuda Hitam

Swedia dan Ukraina akan bentrok di Stadion Hampden Park, Glasgow, dini hari nanti, untuk memperebutkan satu tiket sisa ke perempat final.

Liputan6.com, Jakarta - Swedia akan menghadapi Ukraina dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2020. Laga tersebut bakal berlangsung di Stadion Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6/2021) mulai pukul 02:00 WIB.

Swedia dan Ukraina memiliki rute yang sangat kontras menuju ke perdelapan final Euro 2020. Swedia lolos sebagai juara grup, sedangkan Ukraina berstatus sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Swedia mengalahkan Polandia 3-2 pada laga terakhir Grup E. Dua gol Emil Forsberg dan gol telat dari Viktor Claesson sudah cukup bagi pasukan Janne Andersson untuk finis di depan Spanyol.

Sementara itu, Ukraina kalah 0-1 dari Austria pada laga terakhir Grup C. Pasukan Andriy Shevchenko akhirnya melaju ke babak sistem gugur dengan satu kemenangan dan dua kekalahan bersama dengan selisih gol minus satu.

Swedia dan Ukraina telah bentrok empat kali. Ukraina telah memenangkan tiga pertandingan itu, satu laga sisanya dimenangkan Swedia.

Kedua tim terakhir bertemu dalam matchday satu di Euro 2012. Zlatan Ibrahimovic membawa Swedia unggul terlebih dahulu di laga tersebut sebelum dibalas dengan dua gol dari Andriy Shevchenko untuk membawa Ukraina menang 2-1.

Ukraina bermaterikan pemain muda dan berbakat. Mereka telah memainkan sepak bola yang menarik di Euro 2020 sejauh ini.

Namun, Ukraina kekurangan cara dan kesabaran dalam mendobrak pertahanan lawan sebaik Swedia. Karena itu, Swedia lebih diunggulkan atas Ukraina yang relatif tidak berpengalaman.

 

 

Saksikan Video Euro 2020 di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kondisi tim

Swedia mendapat kabar baik dari kondisi Dejan Kulusevski dan Mattias Svanberg. Kedua pemain yang sempat dinyatakan positif Covid-19 di awal Euro 2020, kini sudah dinyatakan fit untuk bermain.

Kulusevski bahkan siap bersaing mendapatkan tempat di starting XI. Pelatih Swedia Janne Andersson diharapkan untuk memulai pertandingan dengan skema 4-4-2 yang disukainya.

Di kubu Ukraina, Viktor Tsyhankov dan Oleksander Zubkov kini sedang berjuang dengan cedera betis. Kedua pemain ini diragukan bisa tampil melawan Swedia.

Tsyhankov mungkin masih bisa dimainkan. Tapi, sangat kecil kemungkinannya dia bisa bertahan lebih dari 60 menit.

 

3 dari 5 halaman

Head to head

11-06-2012 Ukraina 2-1 Swedia

10-08-2011, Ukraina 0-1 Swedia

09-02-2011, Swedia 1-1 Ukraina

01-06-2008, Swedia 1-1 Ukraina

 

4 dari 5 halaman

Perkiraan susunan pemain

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Ludwig Augustinsson, Marcus Danielson, Victor Lindelof, Carl Mikael Lustig; Kristoffer Olsen, Albin Ekdal, Sebastian Larsson, Emil Forsberg; Alexander Isak, Robin Quaison

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Vitalii Mykolenko, Mykola Matvienko, Illia Zabarnyi, Oleksandr Karavaev; Taras Stepanenko, Ruslan Malinovskiy, Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Viktor Tsyhankov

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.