Sukses

Portugal Tersingkir di Euro 2020, Penampilan Bintang MU Jadi Perbincangan

Pelatih Portugal sering menurunkan playmaker MU ke bangku cadangan di ajang Euro 2020.

Liputan6.com, Jakarta Portugal harus tersingkir lebih cepat di Euro 2020. Cristiano Ronaldo dkk didepak Belgia setelah dikalahkan 0-1 di babak 16 besar yang digelar di Estadio La Cartuja, Senin (28/6/2021) dinihari WIB.

Hasil ini membuat Belgia lolos ke perempat final Euro 2020 dan akan menghadapi Italia yang melaju lebih dulu setelah mengalahkan Austria pada 16 besar, Minggu 27 Juni 2021 kemarin.

Portugal lolos dari babak penyisihan grup sebagai peringkat ketiga terbaik. Dari tiga pertandingan, Portugal menang 3-0 atas Hungaria, kalah 1-4 dari Jerman, dan imbang 2-2 melawan Prancis.

Sedangkan, Belgia adalah juara Grup B. Lukaku cs berhasil menyapu seluruh pertandingan dengan kemenangan. Belgia menggilas Rusia 3-0, Denmark 2-1, dan Finlandia 2-0.

Kegagalan Portugal ini sontak mengundang banyak perhatian berbagai pihak. Penilaian performa tim juga datang dari legenda Manchester United atau MU Roy Keane.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Kaget

Namun, Roy Keane lebih menyoroti sosok gelandang Portugal dan juga bintang MU, Bruno Fernandes, yang tidak pernah jadi starter. Namun, dia tidak terkejut jika Fernandes dijatuhkan lagi untuk pertandingan Portugal melawan Belgia.

Fernandes bermain di Kejuaraan Eropa musim panas ini bersama negaranya. Pencetak gol terbanyak United musim ini memulai dalam dua pertandingan pembukaan turnamen.

3 dari 5 halaman

Tak Ada Ruang

Pelatih Portugal Fernando Santos sering menurunkan playmaker ke bangku cadangan. Tidak ada ruang bagi Fernandes di starting XI Portugal, seperti di pertandingan 16 besar melawan Belgia dinihari tadi.

Keane tidak terkejut dengan absennya dia dari starting lineup, seperti yang dia jelaskan di studio ITV. “Tidak, [saya] tidak terlalu [terkejut] karena opsi lain," katanya.

4 dari 5 halaman

Opsi

"Dia tidak benar-benar dalam performa terbaik di turnamen. Bahasa tubuhnya tidak bagus dan dia tidak tampil bagus," kata Keane kepada ITV Sport menjelang pertandingan.

“Keindahannya bagi manajer adalah Anda menyukai para pemain Portugal dan opsi yang dia miliki. Nilai plus untuk Portugal sejauh ini adalah mereka telah mencetak tujuh gol tetapi mereka kebobolan enam.

“Kekhawatiran untuk Portugal dengan cara mereka bermain, dan terutama untuk para pemain menyerang, jika ini berubah menjadi adu penalti, saya pikir mereka akan menderita hari ini. Tapi tidak mengherankan dengan perubahan yang dia buat.”

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.