Sukses

Denmark Lolos ke Perempat Final Euro 2020 / 2021 Usai Pesta Gol ke Gawang Wales

Denmark tampil dominan saat menghadapi Wales di babak 16 besar Euro 2020 / 2021

Liputan6.com, Jakarta Denmark melanjutkan kejutan di di Euro 2020 / 2021. Mereka menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final usai mengalahkan Wales 4-0 di babak 16 besar di Stadion Johan Cruijff Arena.

Dengan hasil ini, tim Dinamit, julukan lain, Denmark menunggu pemenang partai babak 16 besar lainnya antara Belanda kontra Republik Ceko.

Denmark tampil lebih agresif dengan membuat 15 attempts, tujuh di antaranya on goal. Wales cuma bikin satu attempts on target dari total 11. Kasper Dolberg jadi pahlawan Denmark lewat dua golnya di masing-masing babak yang ditutup gol Joakim Mahle dan Martin Braithwaite.

Wales sebenarnya memulai laga dengan baik. Di 10 menit awal, Wales mendapat dua peluang lewat Chris Mempham dan Gareth Bale. Sayangnya masih belum menemui sasaran.

Justru Denmark yang bisa unggul lebih dulu di menit 27. Kasper Dolberg mencetak gol indah dengan sepakan keras dari luar kotak penalti. Denmark makin percaya diri setelah gol ini. Mereka nyaris menambah gol di menit 32 melalui Dolberg. Akan tetapi kali ini sontekannya masih bisa ditepis kiper Danny Ward.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Denmark memulai babak kedua dengan baik. Tiga menit setelah jeda, Dolberg menggandakan keunggulan tim Dinamit.

Gol ini tercipta berkat solo-run Braithwaite yang diakhiri dengan umpan tarik. Bola salah disapu Neco Williams dan malah jatuh ke kaki Dolberg. Tanpa ampun Dolberg melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti

Wales hampir memperkecil ketertinggalan empat menit kemudian. Sayangnya kerjasama Williams dan Daniel James gagal diselesaikan oleh Gareth Bale.

Asyik menyerang, pertahanan Wales lengah. Denmark hampir menambah gol di menit 86. Sontekan pemain pengganti Andreas Cornelius ditepis Ward. Bola muntah yang disambar Braithwaite masih membentur tiang gawang.

Dua menit kemudian Denmark akhirnya bisa membuat gol ketiga memanfaatkan kelengahan pertahanan Wales. Maehle ikut mencatatkan namanya di papan skor setelah dengan dingin menuntaskan umpan dari Mathias Jensen. Maehle mengontrol bola dengan dada dan mengecoh satu pemain sebelum melepaskan tendangan kaki kiri ke tiang dekat.

Wales makin terpuruk. Di menit 90, mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah Harry Wilson diganjar kartu merah karena melanggar Maehle.

Denmark menambah satu gol lagi di masa injury time lewat Braithwaite. Pemain Barcelona itu dengan tenang mengontrol bola di kotak penalti dan memperdaya Ward dengan sepakan kaki kiri. Ini menjadi gol perdana Braithwaite di Euro 2020.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Wales: Danny Ward; Connor Roberts (Neco Williams 40'), Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Joe Morrell (Harry Wilson 60'), Joe Allen; Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James (David Brooks 78'); Kieffer Moore (Tyler Robets 78').

Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Simon Kjaer (Joachim Andersen 77'), Jannik Vestergaard; Jens Stryger Larsen (Nicolai Boilesen 77'), Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney (Mathias Jensen 60'), Joakim Maehle; Martin Braithwaite, Mikkel Damsgaard (Christian Noergaard 60'), Kasper Dolberg (Andreas Cornelius 69').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.