Sukses

Euro 2020 (Euro 2021) : 5 Pemain Bintang yang Belum Dimainkan sebagai Starter

Euro 2020 telah memunculkan beberapa pemain muda berbakat. Namun, ada di antara mereka yang hanya diberikan menit terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Euro 2020 telah memunculkan beberapa pemain muda berbakat. Mikkel Damsgaard dari Denmark, Ryan Gravenberch asal Belanda, dan pemain Italia Manuel Locatelli terlihat menonjol.

Namun, ada sejumlah bintang berbakat yang hanya diberikan menit terbatas di Euro 2020 sejauh ini. Meski menikmati musim yang baik dengan klubnya masing-masing, mereka belum membuat tanda dalam turnamen Benua Biru ini.

Punya kapasitas untuk mengganti lima pemain di setiap pertandingan, mereka seharusnya mendapat kesempatan. Saat ini, mereka berada di belakang beberapa nama besar dalam urutan kekuasaan.

Berikut 5 pemain bintang yang belum dimainkan sebagai starter di Euro 2020 sejauh ini seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

 

Saksikan Video Euro 2020 di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

5. Pedro Goncalves (Portugal)

Disamakan dengan sesama gelandang Portugal Bruno Fernandes, Pedro Goncalves telah ditempatkan dengan sempurna di Sporting CP setelah kepergian pendahulunya itu ke Manchester United.

Dijuluki Pote, Goncalves dipandang sebagai salah satu talenta terbaik di sepak bola Portugal. Tetapi, ia belum tampil untuk Portugal di Euro 2020.

Pemain berusia 22 tahun itu membuat 32 penampilan di liga Primeira musim lalu. Dia mencetak 23 gol dan memberikan tiga assist untuk membantu Sporting CP memenangkan gelar juara.

Dimainkan sebagai gelandang serang, Pote dapat beroperasi di posisi lini tengah yang lebih dalam dan jauh ke depan. Tetapi, Fernandes dan Renato Sanches berada di depannya dalam urutan kekuasaan di Euro 2020. Kemungkinan Pote harus menunggu dengan sabar untuk kesempatannya.

 

 

3 dari 7 halaman

4. Adama Traore (Spanyol)

Spanyol asuhan Luis Enrique harus berjuang dalam dua pertandingan awal penyisihan grup Euro 2020. Meski jumlah penguasaan bolanya luar biasa, tim Matador hanya bermain imbang 0-0 melawan Swedia dan 1-1 dengan Polandia.

Enrique memainkan sejumlah pemain berbakatnya di dua laga itu, seperti Koke, Rodri, Pedri, dan Dani Olmo berjuang. Sementara Adama Traore hanya jadi pemanis bangku cadangan.

Padahal, Traore terkenal dengan kemampuan dribbling dan kecepatannya yang sensasional. Dia pasti akan membuat dampak di sayap Spanyol.

Traore telah menjadi roda penggerak penting di Wolverhampton Wanderers. Dia bermain di sayap dan sebagai bek sayap kanan.

Spanyol kemudian bangkit di laga terakhir penyisihan grup dengan mengalahkan Slovakia 5-0. Namun, Traore tampil sebagai cameo dalam pertandingan itu.

Enrique semestinya mempertimbangkan untuk memainkan Traore sejak awal laga di babak 16 besar.

 

4 dari 7 halaman

3. Timo Werner (Jerman)

Jerman belum tampil baik di Euro 2020 sejauh ini. Performa Jerman dinilai positif oleh pelatih Joachim Low, tapi Die Mannschaft menghasilkan dua penampilan buruk menghadapi Prancis dan Hongaria di fase grup.

Yang sangat mengejutkan melihat bintang Chelsea Timo Werner nyaris tidak tampil untuk Jerman. Dia memang menjalani musim debut yang beragam di Liga Inggris, tetapi selalu jadi starter untuk Chelsea.Sedangkan untuk Jerman, Werner telah direduksi menjadi peran bangku cadangan.

Low lebih suka memainkan Serge Gnabry di depan. Werner hanya membuat dua penampilan sebagai pengganti di Euro 2020 sejauh ini. Mampu bermain di sayap kiri dan juga sebagai striker, masih harus dilihat apakah Low menjadikan Werner sebagai starter saat melawan Inggris.

 

5 dari 7 halaman

2. Jadon Sancho (Inggris)

Berita seputar keengganan pelatih Inggris Gareth Southgate untuk menggunakan Jadon Sancho di Euro 2020 telah didokumentasikan dengan baik.

Dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik, Sancho sangat fenomenal sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2017. Pemain sayap yang sangat kreatif serta lincah sejauh ini hanya tampil sekali sebagai pemain pengganti di Euro 2020 meskipun Inggris menghadapi kesulitan menyerang.

Pemain berusia 21 tahun, yang hampir pindah ke Manchester United, jelas berada di belakang orang-orang seperti Jack Grealish, Phil Foden, Bukayo Saka, dan Marcus Rashford dalam urutan kekuasaan. Sepertinya peran bangku cadangan Sancho akan berlanjut untuk saat ini.

 

 

6 dari 7 halaman

1. Joao Felix (Portugal)

Dimana Joao Felix? Penyerang muda berbakat ini belum tampil untuk Portugal di Euro 2020.

Direkrut oleh Atletico Madrid dari Benfica pada 2019 dengan biaya rekor klub sebesar 114,5 juta pound, Felix belum menjadi pemain yang konsisten untuk raksasa Spanyol. Meski begitu, bakatnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Tapi, fakta pelatih Portugal Fernando Santos telah menahan diri untuk tidak menggunakannya di Euro 2020 mengejutkan. Bahkan, Felix tidak ada di bangku cadangan untuk pertandingan melawan Jerman, dengan cedera disebut-sebut sebagai alasannya.

Dengan pemain seperti Bruno Fernandes, Bernardo Silva dan Diogo Jota tidak dalam performa terbaik, Felix bisa menjadi kunci bagi Portugal di fase gugur Euro 2020.

7 dari 7 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.