Ronaldo ke MU? Berikut 5 Pemain yang Bisa Kembali ke Mantan Klubnya Musim Panas Ini

Oleh Bogi Triyadi pada 24 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2021, 13:00 WIB
Cristiano Ronaldo - Portugal - Euro 2020
Perbesar
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Prancis pada laga grup F Euro 2020 di Puskas Arena, Budapest, Kamis, 24 Juni 2021. (Franck Fife, Pool photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dikaitkan dengan mantan klubnya Manchester United atau MU pada bursa transfer musim panas 2021. Bintang Juventus itu diklaim sudah ditawari kontrak dua tahun untuk kembali ke Old Trafford, meski enggan menurunkan tuntutan gajinya.

Kabar MU ingin kembali merekrut Ronaldo merupakan salah satu rumor yang memanaskan bursa transfer. Rumot tersebut muncul karena masa depan pemenang Ballon d'Or lima kali itu dengan Juventus tidak pasti.

Tak hanya MU, ada sejumlah klub yang juga dikabarkan ingin kembali merekrut mantan pemainnya. Begitu juga di sisi pemain, mereka ingin balik ke klub yang pernah membesarkan nama mereka.

Itu adalah hal yang wajar karena terkadang seorang pemain top mungkin tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat bermain untuk klub tertentu. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

Berikut 5 pemain yang bisa kembali ke mantan klubnya musim panas ini seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

5. Renato Sanches ke Bayern Munchen

Foto Piala Eropa: 5 Pilar Penting Timnas Portugal, Termasuk Critstiano Ronaldo untuk Pertahankan Gelar di Euro 2020
Perbesar
Renato Sanches. Gelandang muda berusia 23 tahun ini merupakan salah satu sosok kunci di balik kesuksesan Lille menjadi jawara Ligue 1 musim ini. Ia juga mempunyai pengalaman saat membawa Portugal Juara Euro 2016 lalu. Kariernya sempat redup usai diboyong Bayern Munchen. (AFP/Carlos Costa)

Renato Sanches mengguncang dunia sepak bola saat remaja. Bayern Munchen mengontraknya seharga 35 juta euro pada 2016 saat berusia 19 tahun.

Sanches menjadi sorotan di Euro 2016 dalam sukses Portugal merebut trofi juara. Dia salah satu pemain terpenting Portugal dan kemampuan serta mentalitasnya mendapatkan banyak pujian.

Tetapi, karier Sanches dengan Munchen tidak berjalan mulus. Dia hanya membuat total 53 penampilan untuk raksasa Bundesliga Jerman itu dalam dua musim.

Sanches sempat dipinjamkan ke klub Inggris Swansea City dan menjadi sasaran empuk media lantaran penampilannya mengecewakan. Namun, dia kini kembali ke permainan terbaiknya.

Gelandang yang kini berusia 23 tahun itu memberikan perubahan sensasional ketika Portugal kalah 2-4 dari Jerman pada laga kedua grup F Euro 2020, Sabtu, 19 Juni lalu. Ia menunjukkan performa seperti di masa lalu.

Sanches benar-benar berada di jalur untuk menghidupkan kembali kariernya. Menurut kabar, Munchen sedang mempertimbangkan prospek untuk membawa kembali pemain Lille itu ke Allianz Arena.

Jika kembali ke Jerman, itu akan menjadi kepulangan yang sensasional bagi Sanches.

 

4. Kingsley Coman ke Paris Saint-Germain

Jadon Sancho dan Pemain Incaran Klub-klub Premier League
Perbesar
Kingsley Coman - Kingsley Coman mampu bermain sebagai winger kanan dan kiri yang sama bagusnya. Manchester United dikabarkan tertarik untuk memboyong Coman apabila gagal mendatangkan Jadon Sancho pada bursa transfer. (AFP/Christof Stache)

Kingsley Coma memiliki karier yang cemerlang. Bayern Munchen telah berusaha mencapai kesepakatan mengenai kontrak baru dengan pemain berusia 25 tahun itu.

Namun, negosiasi menemui jalan buntu. Karena, tuntutan upah Coman dianggap berlebihan oleh pihak Bavaria.

Coman adalah pemain penting bagi Munchen musim lalu dan beberapa raksasa Eropa sekarang tengah mengawasi situasi kontraknya. Yang menonjol adalah mantan klubnya Paris Saint-Germain (PSG).

Coman menghabiskan satu musim bersama PSG pada 2013-14 sebelum bergabung ke Juventus. Sesuai laporan, klub kaya Prancis itu ingin memperkuat lini depannya dan akan mencoba mengontrak Coman jika Munchen memutuskan untuk menguangkannya.

 

3. Aaron Ramsey ke Arsenal

Gaji Tertinggi di Juventus
Perbesar
6. Aaron Ramsey: 7 juta euro per tahun. (AFP/Isabella Bonotto)

Kepindahan Aaron Ramsey ke Juventus belum sepenuhnya memuaskan pemain atau klub. Selain itu, Juventus juga terpukul keras dalam arti finansial akibat pandemi Covid-19 dan sangat membutuhkan pemangkasan tagihan upah mereka.

Ramsey merupakan salah satu pemain dengan gaji tertinggi sejak bergabung sebagai agen bebas pada musim panas 2019. Menurut Calciomercato, Juventus berencana mengubah skuat di musim panas dan Ramsey adalah salah satu pemain yang dilepas.

Pemain asal Wales tersebut dikabarkan lebih memilih kembali ke mantan klubnya Arsenal. Bahkan, ia bersedia gajinya dipangkas.

Ramsey adalah sosok yang dihormati di London Utara. Dia telah memenangkan tiga Piala FA bersama Arsenal dan membuat 364 penampilan untuk The Gunners di semua kompetisi.

Arsenal juga sangat ingin mengontrak gelandang box-to-box pada musim panas ini. Membawa pulang Ramsey bisa menjadi langkah yang berhasil bagi semua pihak yang terlibat.

 

2. Paul Pogba ke Juventus

Daftar Pesepak Bola Paling Populer di Instagram, Cristiano Ronaldo Tinggalkan Lionel Messi
Perbesar
Paul Pogba - Pemain andalan Timnas Prancis ini sering membagikan momen kegiatannya di media sosial. Gelandang Manchester United itu kini mempunyai 43,1 juta pengikut di Instagramnya. (Peter Powell/Pool via AP)

Bursa transfer musim panas tidak lengkap tanpa saga transfer Paul Pogba. Pemain Manchester United atau MU itu tampaknya tidak terlalu tertarik untuk memadamkan rumor yang mengaitkannya dengan klub lain dan spekulasi tersebar luas tentang masa depannya.

Kontrak Pogba dengan MU akan berakhir musim panas 2022 dan Juventus terus mengawasinya. Tapi, Setan Merah bertekad mempertahankan pemain timnas Prancis itu dan dilaporkan telah menawarinya kenaikan gaji yang lumayan.

Melihat cara Pogba berperilaku di depan media dan bagaimana agenya terus merusak klub, mungkin MU lebih baik membiarkannya pergi. Jika Setan Merah memutuskan menguangkannya, Juventus bisa bersaing dengan Real Madrid.

Penggemar Juventus masih mengagumi Pogba atas kontribusinya yang sangat mengesankan di Turin dari 2012-2016.

 

1. Cristiano Ronaldo ke Manchester United

FOTO: Wajah Frustrasi Cristiano Ronaldo Usai Juventus Dihancurkan AC Milan
Perbesar
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, tampak Frustrasi usai ditaklukkan AC Milan pada laga Liga Italia di Stadion Allianz, Senin (10/5/2021). AC Milan menang dengan skor 3-0. (AFP/ Isabella Bonotto)

Cristiano Ronaldo dikaitkan dengan mantan klubnya Manchester United atau MU hampir setiap musim panas. Menurut Corriere dello Sport, Setan Merah telah menawarkan bintang Portugal itu kontrak besar senilai 20 juta euro atau sekitar Rp 344 miliar per musim untuk kembali ke Old Trafford.

Masa depan Ronaldo di Juventus tidak pasti. Meski lolos ke Liga Champions, Bianconerri hanya finis di posisi keempat Liga Italia Serie A musim lalu.

Agen Ronaldo, Jorge Mendes, akan mengadakan pembicaraan dengan Juventus mengenai masa depan kliennya. Jika memilih kembali ke MU, Ronaldo pasti akan disambut sebagai pahlawan di Old Trafford.

Ronaldo berkembang menjadi pesepak bola top dunia saat bermain untuk Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Dia memiliki tempat khusus di hati penggemar MU yang juga dapat menjadi alasan mengapa dikaitkan dengan kembali ke mantan klubnya tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓