Hasil Euro 2020 / 2021 : 2 Gol Penalti Ronaldo Selamatkan Portugal dari Kekalahan

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 24 Jun 2021, 04:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2021, 04:02 WIB
Portugal vs Prancis
Perbesar
Penjaga gawang Prancis Hugo Lloris melompat ke depan pemain Portugal Cristiano Ronaldo, tengah, selama pertandingan grup F kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Portugal dan Prancis di Puskas Arena di Budapest, Rabu, 23 Juni 2021. (Bernadett Szabo, Pool p

Liputan6.com, Jakarta Portugal hanya mampu bermain imbang 2-2 lawan Prancis, di pertandingan akhir Grup F Euro 2020 / 2021 di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Kamis dinihari WIB (24/6).

Portugal unggul lebih dahulu melalui tendangan penalti Cristiano Ronaldo. Namun, Prancis membalasnya juga lewat titik putih yang diselesaikan dengan baik Karim Benzema.

Bahkan, Prancis balik unggul juga lewat gol Benzema. Namun, Portugal kembali mengejarnya lewat gol Ronaldo dari tendangan penalti.

Hasil seri ini sudah cukup meloloskan Portugal ke babak 16 besar. Mereka menutup fase ini dengan menempati posisi ke 3 klasemen grup  

Laga dua tim bertabur bintang ini berlangsung menarik sejak awal pertandingan. Portugal dengan Cristiano Ronaldo dan Prancis yang mengandalkan Kylian Mbappe langsung saling mengancam pertahanan masing-masing.

Namun, pada menit 16 pendukung Portugal dibuat deg-degan saat Mbappe lolos dari kawalan dan tinggal berhadapan dengan kiper. Beruntungan, bola tendangan kerasanya masih bisa diblok Rui Patricio.

Tak lama kemudian gantian Portugal yang membuang peluang mencetak gol. Tendangan langsung Ronaldo masih melebar di sisi gawang Prancis.

 

Penalti

Portugal vs Prancis
Perbesar
Pemain Prancis Paul Pogba, kanan, melakukan pelanggaran terhadap pemain Portugal Cristiano Ronaldo pada pertandingan grup F Piala Eropa 2020 antara Portugal dan Prancis di Puskas Arena di Budapest, Rabu, 23 Juni 2021. (Franck Fife, Pool photo via AP)

Portugal akhirnya mampu membuka keunggulan lewat tendangan penalti Ronaldo. Hukuman diberikan wasit setelah kiper Prancis Hugo Lloris dinilai melanngar Danilo Pereira di area penalti.

Unggul satu gol membuat Portugal makin semangat menambah gol. Bernardo Silva dan Ronaldo kerap membuat pertahanan Prancis kerepotan.

Tapi, jelang pertandingan babak pertama berakhir, wasit kembali menunjuk titik putih dan kali ini diberikan pada Prancis setelah Mbappe terjatuh di kotak penalti. Karim Benzema dengan mudah menceploskan bola ke gawang Patricio.

Babak Kedua

Cristiano Ronaldo - Portugal - Euro 2020
Perbesar
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo berselebrasi di samping pemain Jerman Joshua Kimmich setelah mencetak gol pada pertandingan Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munchen, (AP Photo/Matthias Schrader, Pool)

Laga di babak ini baru berjalan dua menit Prancis balik memimpin. Menerima umpan terobosan Benzema lepas dari kawalan dan dengan mudah meaklukkan kiper Portugal.

Usaha keras Portugal mencari gol penyeimbang akhirnya terbayarkan pada menit 60 dan kembali lewat gol dari penalti. Hukuman diberikan wasit setelah bola menyentuh tangan Jules Kounde.

Ronaldo, yang dipercaya menjadi eksekutor memanfaatkannyai dengan tembakan ke sudut kiri bawah. Kedudukan pun menjadi imbang 2-2.

Prancis mencoba untuk mengendalikan lagi permainan. Menit 68 Paul Pogba hampir membawa lagi timnya unggul, namun bola masih bisa ditepis kiper Portugal.

Kemudian peluang didapat lagi Prancis melalui Antoine Griezmann. Sayang, tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti masih bisa diblok.

Pertandingan hingga menit-menit akhir masih berlangsung sengit. Namun, sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol tercipta.

Susunan Pemain

Piala Eropa 2020 Portugal melawan Prancis
Perbesar
Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema berjalan berangkulan ketika selesai babak pertama pertandingan Grup F Euro 2020 antara Portugal melawan Prancis yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hongaria pada Rabu (23/06/2021). (AFP/Pool/Franck Fife)

Portugal XI: Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Joao Mouthinho, Danilo, Renato Sanchez; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota

Pelatih: Fernando Santos

Prancis XI: Hugo Lloris; Hernandez; Kimpembe, Raphael Varane, Kounde; NGolo Kante, Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Tolisso; Karim Benzema

Pelatih: Didier Deschamps

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓