Sukses

Hasil Euro 2020 : Kalah, Wales Dampingi Italia ke 16 Besar

Wales harus bermain 10 orang saat menghadapi Italia pada laga terakhir Grup A Euro 2020

Liputan6.com, Jakarta Italia menghadapi Wales di pertandingan ketiga atau laga terakhir Grup A Euro 2020, Minggu malam WIB (20/6/2021) di Stadion Olimpico, Roma. Tim berjuluk Gli Azzurri, meski sudah memastikan lolos ke babak 16 besar, menang 1-0 berkat gol Matteo Pessina.

Wales meski kalah tetap bisa mendampigni Italia maju ke babak selanjutnya. Gareth Bale dkk menempati posisi kedua setelah mengumpulkan 4 poin.

Raihan Wales ini sebenarnya sama dengan Turki, yang pada saat bersamaan mengalahkan Turki 3-1. Namun, sayang mereka gagal maju ke babak 16 besar, karena kalah selisih gol.

Italia dan Wales memulai pertandingan dengan tempo lambat. Kedua tim lebih banyak memainkan bola di tengah lapangan.

Peluang pertama didapat Italia lewat Andrea Belotti. Menerima umpan dari Alessandro Bastoni, Belotti gagal mengejar bola yang mengarah ke depan gawang Wales.

Belotti nyaris membawa Italia unggul setelah memanfaatkan kesalahan lawan. Beruntung, tembakannya dari sudut sulit masih meleset ke sisi kiri gawang Wales.

Wales yang kesulitan menembus pertahanan Italia baru memperoleh peluang melalui Chris Gunter. Namun, sundulannya terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Italia akhirnya berhasil mencetak gol menit 39. Sontekan Matteo Pessina menembus gawang Wales usai menerima umpan silang Marco Verratti melalui situasi bola mati.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Laga baru berjalan beberapa menit gawang Wales hampir kebobolan lagi. Beruntung tendangan Federico Bernardeschi masih mengenai tiang gawang.

Perjuangan Wales makin berat di babak ini setelah salah seorang pemainnya Ethan Ampadu diusir wasit karena melakukan pelanggaran keras.

Italia makin leluasa mengendalikan permainan. Mereka terus menggempur pertahanan Wales untuk mencari gol tambahan.

Wales gagal menyamakan kedudukan pada menit 75. Gareth Bale yang terlepas dari kawalan melepaskan tendangan keras, namun bola melambung tinggi.

Meski kedua tim masih sailih berganti melakukan serangan, tak ada lagi gol tercipta. Italia pun menang tipis 1-0.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Italia (4-3-3) : Donnarumma, Toloi, Bonucci, Alessandro Bastoni, Emerson, Pessina, Jorginho, Verratti, Chiesa, Andrea Belotti, Bernardeschi

Wales (3-4-3) : Ward, Gunter, Rodon, Ampadu, Roberts, Allen, Morrell, Williams, Bale, Ramsey, James

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.