Sukses

Jeblok di FP2 MotoGP Jerman, Valentino Rossi Akui Tidak Pede

Valentino Rossi kehilangan kepercayaan diri saat terjatuh di tikungan pertama pada jalani FP2 MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring.

Liputan6.com, Sachsenring- Valentino Rossi hanya bisa raih posisi ke-21 pada FP2 MotoGP Jerman yang berlangsung di sirkuit Sachsenring, Jumat (18/6/2021) kemarin. Rossi akui kehilangan kepercayaan diri setelah dirinya terjatuh di tikungan pertama.

The Doctor menjadi berada di posisi paling buncit dari deretan empat pembalap Yamaha yang tampil di FP2 MotoGP Jerman. Padahal, dia butuh memulihkan kepercayaan dirinya.

Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang bisa menang di MotoGP Sachsenring selain Marc Marquez. Kemenangan terakhirnya di sini terjadi pada MotoGP 2009.

Alih-alih mengulang kejayaan, semangat Rossi langsung patah setelah kecelakaan kecil di tikungan pertama. Segalanya mulai dirasakannya tak beres selama FP2.

"Latihan tadi sangat sulit karena cuaca sangat panas, tak pernah sepanas ini di Jerman sepanjang sejarah, maksud saya saat balap di sini," kata Valentino Rossi seperti dikutip crash.

 

Video Menarik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Coba Segala Ban

 

Karena cuaca panas, Rossi pun memilih ban yang lebih keras untuk FP2. Dua bannya menggunakan ban keras.

"Tapi sayangnya pada akhir lap pertama, saya kecelakaan kecil di tikungan satu. Ini membuat saya kehilangan kepercayaan diri dan saya juga harus ganti motor," katanya.

"Ini mengecewakan karena saya merasa enak dengan motor itu. Saat mengejar waktu, saya juga melakukan kesalahan di sektor terakhir, kalau tidak bisa lebih baik."

 

3 dari 4 halaman

Tidak Biasa

 

Ada kondisi tak biasa di tikungan 11 yang kerap disebut tikungan Air Terjun. Ini karena ada turunan tajam sebelum tikungan ke kanan.

Tempat ini biasanya kerap terjadi kecelakaan karena ban kanan dingin. Namun cuaca panas membuat kondisi ini tak terjadi dan bahkan pembalap bisa lebih kencang.

"Cuaca lebih panas, masalah Anda lebih sedikit dan Anda bisa lebih kencang di tikungan 11," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Hasil FP2 MotoGP Jerman

Hasil FP2

1. Miguel Oliveira

2. Fabio Quartararo

3. Maverick Vinales

4. Alex Rins

5. Pol Espargaro

6. Takaaki Nakagami

7. Aleix Espargaro

8. Johann Zarco

9. Jack Miller

10. Franco Morbidelli

11. Danilo Petrucci

12. Marc Marquez

13. Alex Marquez

14. Jorge Martin

15. Brad Binder

16. Joan Mir

17. Iker Lecuona

18. Luca Marini

19. Enea Bastianini

20. Lorenzo Savadori

21. Valentino Rossi

22. Francesco Bagnaia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.