Waduh, MU Umumkan Kerugian Finansial Cukup Besar

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 19 Jun 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 19 Jun 2021, 14:00 WIB
Logo Ilustrasi MU
Perbesar
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU mencatat kerugian 21,6 juta poundsterling dalam tiga bulan pertama tahun ini. Pasalnya, pandemi virus corona membuat penggemar klub Liga Inggris ini tidak hadir ke stadion.

Seperti diketahui, klub yang bermarkas di Old Trafford ini, finis kedua di Liga Inggris pada 2020-21. MU kemudian kalah di final Liga Europa dari Villarreal melalui adu penalti.

Pendapatan United untuk kuartal ketiga tahun ini hingga 31 Maret adalah 118,3 juta pounds, mewakili penurunan 4,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Pendapatan matchday turun dari 29,1 juta pounds menjadi 1,6 juta pounds dibandingkan dengan kuartal setara sebelumnya. Dengan pertandingan yang diadakan secara tertutup membuat kerugian operasional sebesar 21,6 juta pounds untuk periode tersebut.

Hasil keuangan juga menunjukkan pembayaran dividen 10,7 juta pounds kepada pemegang saham – pembayaran yang dipertahankan oleh ketua bersama MU Joel Glazer di forum penggemar baru-baru ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Masih Yakin

Bruno Fernandes - Manchester United - Liga Inggris
Perbesar
Gelandang Manchester United atau MU Bruno Fernandes berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021). (Laurence Griffiths/Pool via AP)

Hasil keuangan menunjukkan utang bersih mencapai 443,5 juta pounds, tetapi wakil ketua eksekutif Ed Woodward, yang akan meninggalkan posisinya pada akhir tahun, yakin tentang masa depan.

“Tidak adanya penggemar selama setahun terakhir telah membuktikan bahwa mereka adalah urat nadi permainan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Optimistis

“Menyusul keberhasilan kembalinya jumlah terbatas pada akhir musim lalu, dan uji coba lanjutan dari peningkatan penonton di acara olahraga musim panas ini, kami tetap optimis tentang prospek penggemar kembali ke Old Trafford dalam jumlah yang lebih besar ke depan," kata Woodward.

“Dengan landasan untuk kesuksesan jangka panjang, termasuk inisiatif signifikan untuk memperkuat keterlibatan dengan pendukung kami, kami menantikan musim mendatang.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Peringkat

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya