Hasil dan Klasemen Euro 2020 : Italia Sempurna di Puncak Klasemen

Oleh Defri Saefullah pada 17 Jun 2021, 04:12 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 05:23 WIB
Piala Eropa 2020: Italia vs Swiss
Perbesar
Gelandang Italia, Manuel Locatelli (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Swiss dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)

Liputan6.com, Roma- Italia sempurna memimpin klasemen grup A Euro 2020 usai kalahkan Swiss 3-0 di stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/2021). Italia unggul berkat dua gol Manuel Locatelli dan satu gol Ciro Immobile.

Italia berhasil mengemas enam poin sempurna. Torehan Italia juga fantastis karena mencetak 6 gol dan tidak kebobolan dari dua pertandingan.

Dengan hasil ini, Italia sudah tak terbendung lagi menuju perdelapan final Piala Eropa 2020. Enam poin yang diraih italia sulit dikejar kontestan lain karena Swiss baru mengoleksi 1 poin.

Pertandingan grup A Euro 2020 menyisakan satu laga, Italia hanya akan memperebutkan posisi puncak klasemen grup A Euro 2020 saat menghadapi Wales pada laga terakhir nanti. Wales juga berpeluang temani Italia menuju fase berikutnya.

Wales dan Swiss bakal beradu produktivitas karena kedua tim main imbang secara head to head. Itu juga terjadi kalau Swiss menang lawan Turki dan Wales kalah di laga terakhir grup A nanti.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jalannya Pertandingan

Timnas Italia
Perbesar
Manuel Locatelli (kanan) mencetak dua gol saat Italia kalahkan Swiss (AFP)

 

Tampil dengan kekuatan terbaik, Italia mencoba buka peluang di menit ke-10. Immobile coba buka skor tapi sundulannya hasil umpan Spinazzola masih melambung ke atas.

Namun italia yang mengambil inisiatif serangan cepat nyaris unggul cepat. Namun gol Giorgio Chiellini di menit ke-19 dianulir wasit sehingga skor tetap 0-0.

Chiellini akhirnya harus keluar digantikan Acerbi di menit ke-24. Dia mengalami cedera sehingga harus keluar lebih cepat.

Italia buka skor di menit ke-26 lewat Manuel Locatelli. Berhasil masuk kotak penalti, dia melepas tembakan usai manfaatkan umpan Berardi yang membuat Italia unggul 1-0.

Spinazzola coba peruntungan lewat tembakan jarak jauh di menit ke-36 tapi melebar. Hingga babak pertama berakhir, Italia masih unggul 1-0 atas Swiss.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Babak Dua

Italia
Perbesar
Italia berhasil kalahkan Swiss 2-0 di grup A Euro 2020 (AFP)

 

Belum lama babak kedua dimulai, Manuel Locatelli kembali membuat Italia bersorak. Lagi-lagi umpan Barella, dia melepas tembakan jarak jauh yang membuat skor jadi 2-0 untuk italia.

Swiss makin giat menyerang. Gianluigi Donnarumma berhasil melakukan dua kali penyelamatan usai Zuber lewati Di Lorenzo di menit ke-64. Pertahanan Italia sangat kokoh.

Federico Chiesa yang masuk di babak kedua langsung buka peluang di menit ke-75. Manfaatkan umpan Jorginho, tapi tembakan Chiesa masih melebar.

Italia menambah gol lewat Ciro Immobile di menit ke-89. Manfaatkan umpan Toloi, dia berhasil berbalik badan dan cetak gol lewat jarak jauh sehingga Italia menang 3-0.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-0 untuk Italia tetap bertahan. Azurri menjadi negara pertama lolos ke perdelapan final Euro 2020.

Wales juga membuka peluang lolos ke perdelapan final Euro 2020 usai menang 1-0 atas Turki pada laga grup A lainnya di Rabu malam kemarin. Berikut klasemen lengkap di grup A Euro 2020.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Klasemen Grup A Euro 2020

Manuel Locatelli
Perbesar
Manuel Locatelli (kanan) saat membayangi pemain Swiss (AFP)

Posisi-Negara-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1. Italia 2 1 0 0 6-0 6

2. Wales 2 1 1 0 3-1 4

3. Swiss 1 0 1 0 1-4 1

4. Turki 2 0 0 2 0-5 0

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Video Menarik

Lanjutkan Membaca ↓