Hasil Euro 2020 / 2021 : Rusia Jinakkan Finlandia, Pelihara Peluang Lolos

Oleh Luthfie Febrianto pada 16 Jun 2021, 21:56 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 22:05 WIB
Piala Eropa 2020 Finlandia melawan Rusia
Perbesar
Georgi Dzhikiya (kanan) sedang mengontrol bola dibayangi oleh Teemu Pukki (kiri) selama pertandingan grup B Euro 2020 antara Rusia dan Finlandia di stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia pada Rabu (16/06/2021) malam WIB. (AP/Pool/Evgenia Novozhenina)

Liputan6.com, Saint Petersburg - Finlandia gagal melanjutkan kejutan dari laga pertamaEuro 2020 / 2021. Meladeni Rusia pada partai kedua, Finlandia takluk dengan skor tipis 0-1, Rabu (16/6/2021) malam WIB.

Gol semata wayang Rusia dicetak oleh Aleksey Miranchuk jelang turun minum. Berkat kemenangan ini, Rusia memelihara peluang lolos ke fase berikutnya.

Finlandia sebetulnya bisa mencetak gol lebih dulu pada menit ke-4. Namun usaha Joel Pohjanpalo dianulir wasit karena lebih dahulu offside.

Rusia sejatinya jauh lebih dominan dari Finlandia pada laga ini. Tim Beruang Merah sempat mendapat 82 persen penguasaan bola.

Beberapa peluang emas didapatkan pasukan Stanislav Cherchesov. Namun kurangnya ketenangan membuat Rusia gagal menciptakan lebih dari satu gol.

Selain itu, pertahanan kukuh Finlandia juga sempat membuat Rusia kesulitan. Bagaimana tidak, Finlandia menumpuk hingga delapan pemain di lini pertahanan.

Akan tetapi, gol yang dinanti Rusia datang dua menit jelang turun minum. Miranchuk bekerjasama dengan Artem Dzyuba sebelum menceploskan bola dengan tendangan kaki kirinya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pelihara Peluang Lolos

Piala Eropa 2020 Finlandia melawan Rusia
Perbesar
Aleksey Miranchuk melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka selama pertandingan sepak bola Grup B EURO 2020 antara Finlandia dan Rusia di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia pada Rabu (16/06/2021) malam WIB. (AFP/Pool/Kirill Kudryavtsev)

Finlandia mencoba bangkit pada babak kedua. Temu Pukki dkk. lebih agresif menyerang pertahanan Rusia.

Akan tetapi kemenangan akhirnya tetap menjadi milik Rusia. Tiga poin yang didapat Rusia membuat mereka memelihara peluang lolos ke fase berikut.

Rusia kini mengemas tiga poin, sama dengan Belgia dan Finlandia. Pada laga terakhir, Rusia harus meladeni Denmark.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Susunan Pemain

Finlandia: Hradecky, Raitala, Arajuuri, Toivio, Uronen, Shaughnessy, Schuller, Lod, Kamara, Pukki, Pohjanpalo.

Rusia: Safonov, Fernandes, Dzhikiya, Diveev, Ozdoev, Zobnin, Kuzyaev, Barinov, Golovin, Dzyuba, Miranchuk.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Euro 2020 / 2021 di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓