5 Momen Menarik Laga Pertama Fase Grup Euro 2020 / 2021 : Eriksen Kolaps dan Rekor Cristiano Ronaldo

Oleh Luthfie Febrianto pada 16 Jun 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 19:00 WIB
Trofi Euro 2020
Perbesar
Trofi Euro 2020. (dok. UEFA)

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan Prancis vs Jerman menjadi penutup laga pertama fase grup Euro 2020 / 2021. Les Bleus -julukan Prancis- mengalahkan Jerman dengan skor tipis 1-0 pada Rabu (16/6/2021) malam WIB.

Satu-satunya gol Prancis lahir dari kesalahan antisipasi bek Jerman, Mats Hummels. Bola sepakan Hummels justru masuk ke gawang sendiri yang dikawal Manuel Neuer.

Kemenangan tidak membuat Prancis memuncaki grup F. Pasalnya, Portugal juga menang dengan skor 3-0 atas Hungaria.

Euro 2020 / 2021 masih akan berlangsung hingga pertengahan Juli nanti. Fase grup juga masih menyisakan tiga pertandingan lagi.

Namun demikian, beberapa momen menarik sudah tercipta. Berikut lima di antaranya:

1. Gol Bunuh Diri Merih Demiral

Foto Piala Eropa: Duet Maut Immobile-Insigne, Italia Gulung Turki di Pertandingan Pembuka Euro 2020
Perbesar
Pada babak kedua Timnas Italia makin meningkatkan serangan. Alhasil gol pertama tercipta dari peran Domenico Berardi yang memberikan umpan keras ke kotak penalti yang menyentuh dada pemain Turki, Merih Demiral dan masuk ke gawang sendiri. (Foto: AP/Pool/Andrew Medichini)

Publik barangkali tidak menyangka gol pertama di Euro 2020 / 2021 akan tercipta lewat proses gol bunuh diri bek Turki, Merih Demiral. Ya, Demiral salah mengantisipasi umpan Domenico Berardi.

Gol itu meruntuhkan mental Turki. Bagaimana tidak, usai gol tersebut, gawang Turki dibobol dua kali lewat Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne.

Padahal, Turki sanggup menahan imbang Italia tanpa gol pada babak pertama. Dengan kekalahan ini, Turki harus mati-matian di laga sisa melawan Wales, dan Swiss.

2. Christian Eriksen Kolaps

Christian Eriksen
Perbesar
Christian Eriksen mendapat perawatan setelah kolaps dalam pertandingan Denmark kontra Finlandia di Parken Stadium, Sabtu (13/6/2021). (AFP/Wolfgang Rattay)

Tragedi hampir terjadi ketika gelandang Denmark, Christian Eriksen kolaps saat laga berlangsung. Gelandang Inter Milan itu tiba-tiba terjatuh di laga melawan Finlandia, Sabtu (12/6/2021) malam WIB.

Eriksen pun langsung mendapat pertolongan pertama dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Beruntung, nyawa Eriksen terselamatkan dan kini dalam kondisi stabil.

Pertandingan sendiri dimenangkan oleh Finlandia. Tim debutan di Euro 2020 / 2021 itu menang berkat sebiji gol Joel Pohjanpalo.

3. Gol Indah Patrick Schick

Patrik Schick Cetak Dua Gol, Ceko Sikat Skotlandia
Perbesar
Striker Republik Ceko, Patrik Schick berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Skotlandia pada pertandingan grup D Euro 2020 di stadion Hampden Park, Glasgow, Senin (14/6/2021). Schick mencetak dua gol dipertandingan ini dan mengantar Ceko menang atas Skotlandia 2-0. (AP Photo/Andy Buchanan, Pool)

Pertandingan melawan Skotlandia menjadi laga yang tak terlupakan bagi penyerang Republik Ceko, Patrick Schick. Di laga ini lah, ia menciptakan dua gol kemenangan Ceko, sekaligus salah satu gol terindah.

Gol indah Schick tercipta pada menit ke-52. Mantan penyerang AS Roma itu menendang keras bola dari tengah lapangan.

Bola yang melengkung lalu menukik tajam masuk ke gawang Skotlandia. Tak heran, gol Schick menjadi perbincangan di mana-mana terutama di Ceko.

"Sebuah hal yang berkelas. Cara dia melihat dan mengeksekusinya. Benar-benar sempurna," kata legenda Ceko, Jan Koller.

4. Rekor Cristiano Ronaldo

Foto Piala Eropa: Parade Foto Terbaik pada Putaran Pertama Ajang Euro 2020
Perbesar
Striker Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hungaria pada laga fase grup F Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Puskas Arena. Gol tersebut juga menjadikan CR7 sebagai top skor sepanjang masa di ajang tersebut. (Bernadett Szabo/Pool via AP)

Bukan Cristiano Ronaldo namanya jika tak membuat rekor. Ya, kapten Portugal itu resmi memecahkan rekor gol terbanyak di putaran final Euro milik legenda Prancis, Michel Platini.

Ronaldo kini membukukan 11 gol, melampaui catatan sembilan gol milik Platini. Dua gol tambahan CR7 diciptakan ketika Portugal meladeni Hungaria pada laga pertama grup F, Selasa (15/6/2021) malam WIB.

Tak hanya itu, Ronaldo juga kini memegang rekor sebagai pemain yang paling sering tampil di putaran final Euro. Bintang Juventus itu sudah mentas di lima edisi sejak 2004.

5. Dua gol Prancis yang Dianulir

Prancis Taklukkan Jerman 1-0
Perbesar
Penyerang Prancis, Kylian Mbappe berebut bola dengan bek Jerman, Mats Hummels pada pertandingan grup F Euro 2020 di Allianz Arena di Munich, Jerman, Selasa (15/6/2021). Prancis menang atas Jerman dengan skor tipis 1-0. (AP Photo/Matthias Schrader, Pool)

Prancis benar-benar memegang kendali saat meladeni tuan rumah Jerman, dinihari tadi. Pasukan Didier Deschamps bisa saja menang 3-0 andai gol Kylian Mbappe dan Karim Benzema tidak dianulir.

Wasit memutuskan menganulir gol Mbappe karena bintang PSG itu dianggap ada dalam posisi offside. Hal yang sama juga berlaku bagi gol Karim Benzema.

Prancis pun hanya menang 1-0 setelah Mats Hummels salah mengantisipasi umpan silang, Lucas Hernandez. Padahal, jika menang 3-0 mereka berpeluang memuncaki grup F.

Saksikan Video Euro 2020 / 2021 di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓