Menunggu 4 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Bisa Turunkan Ezra Walian

Oleh Harley Ikhsan pada 14 Jun 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 19:30 WIB
Ezra Walian
Perbesar
Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian, menyanyikan Indonesia Raya sebelum melawan Filipina pada laga SEA Games di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017). Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akhirnya bisa menggunakan jasa Ezra Walian. Pemain naturalisasi Belanda itu bisa memperkuat Skuat Garuda setelah mendapat izin dari FIFA.

Ezra Walian sudah mendapat paspor Indonesia pada 2017. Namun, sosok berusia 23 tahun itu tidak dapat tampil di turnamen FIFA karena peralihan federasi dari KNVB ke PSSI belum tuntas di 2019.

Hal tersebut membuat Ezra hanya diperkenankan membela timnas di ajang non-FIFA seperti SEA Games.

PSSI pun turun tangan. Polemik mengenai striker Persib Bandung itu akhirnya selesai setelah FIFA memenuhi permohonan Indonesia.

"Putusan FIFA menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima dan dia berhak memiliki kesempatan membela skuat timnas Indonesia di turnamen apapun," ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi, dilansir situs resmi federasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Debut di Laga Persahabatan

Ezra Walian
Perbesar
Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian, saat tampil melawan Vietnam pada laga SEA Games di Stadion MPS, Selangor, Selasa (22/8/2017). Kedua negara bermain imbang 0-0. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Ezra sebelumnya sempat membela timnas Belanda di level usia U-15, U-16, dan U-17. Putra pria berdarah Madano itu sempat bermain di kualifikasi Piala Eropa U-17.

Luis Milla kemudian memberinya debut bersama Timnas Indonesia pada laga persahabatan melawan Myanmar pada Maret 2017.

Ezra juga sempat memperkuat timnas di SEA Games 2017.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Timnas Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓