Hasil Belanda vs Ukraina di Euro 2020 / 2021 : Penyesalan Wijnaldum Usai Menang Dramatis

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 14 Jun 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 07:30 WIB
Belanda vs Ukraina
Perbesar
Selebrasi pemain Belanda saat mengalahkan Ukraina di Euro 2020 / 2021 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belanda masih mampu membuktikan negara sepak bola besar, dan itu ditunjukkan di ajang Euro 2020 / 2021. Pasukan Frank de Boer menang dramatis 3-2 atas Ukraina pada laga Grup C di Stadion Johan Cruijff Arena, Senin (14/6/2021) dinihari WIB.

Pada laga tersebut, Belanda dua kali memimpin 2-0, kemudian kebobolan dua gol dalam empat menit, sebelum akhirnya sundulan bek Denzel Dumfries lima menit menjelang pertandingan usai memastikan kemenangan mereka di Amsterdam.

Kemenangan ini membuat untuk sementara tekanan pada Frank De Boer berkurang sejak ia menggantikan Ronald Koeman pada bulan September. Namun, pertanyaan masih tetap akan diajukan tentang mengapa timnya yang unggul dua gol, justru memutuskan untuk memasukkan Nathan Ake. dan Owen Wijnda, sehingga mengundang tekanan dari Ukraina.

Situasi ini juga sempat dibahas salah seorang pemainnya Georginio Wijnaldum, yang membuka skor untuk Belanda. "Saya lega," kata Wijnaldum, usai pertandingan.

“Secara keseluruhan, kami memainkan permainan yang bagus, tetapi kami memberi mereka dua peluang dalam 10 menit yang merupakan dua gol," ujar Wijnaldum.

Butuh Perjuangan

Belanda vs Ukraina
Perbesar
Selebrasi pemain Belanda saat mengalahkan Ukraina di Euro 2020 / 2021 (AFP)

"Kami perlu belajar bahwa jika kami memainkan pertandingan seperti itu, kami harus menyelesaikannya dengan baik. Kami membiarkan mereka kembali ke permainan dan itu perlu ditingkatkan," katag gelandang yang musim depan bergabung dengan PSG ini

Di siai lain, pelatih Ukraina Andriy Shevchenko sepertinya akan melihat cukup banyak perjuangan timnya agar bisa lolos dari babak pertama.

Banyak Peluang

Foto Piala Eropa: Drama Lima Gol, Belanda Akhirnya Memenangkan Duel Sengit Melawan Ukraina pada Laga Grup C Euro 2020
Perbesar
Memphis Depay dan skuatnya terus melakukan serangan ke lini pertahanan Ukraina, namun hasil kacamata bertahan hingga peluit turun minum dibunyikan. (Foto: AFP/Pool/John Thys)

"Itu adalah pertandingan yang sangat cepat dan menarik dengan banyak peluang bagi kedua tim," kata mantan striker Milan dan Chelsea itu.

“Saya ingin berterima kasih kepada tim saya atas reaksi yang mereka tunjukkan, terutama setelah tertinggal 2-0. Kami bisa saja kalah pada saat itu.

"Kami menemukan energi untuk berubah dan menyerang. Kami mengganti formasi dan menyeimbangkannya. Tim memberikan performa yang sangat baik."

Klasemen Grup C

Foto Piala Eropa: Drama Lima Gol, Belanda Akhirnya Memenangkan Duel Sengit Melawan Ukraina pada Laga Grup C Euro 2020
Perbesar
Pada babak ke dua, tepatnya menit ke-52, Belanda akhirnya memcah kebuntuannya. Kesalahan Bushchan ketika menghalau umpan silang dari Dumfries, dimanfaatkan oleh Wijnaldum menjadi gol. Belanda unggul atas Ukraina dengan skor 1-0. (Foto: AP/Pool/Peter Dejong)

Posisi-Negara-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1. Austria 1 1 0 0 3-1 3

2. Belanda 1 1 0 0 3-2 3

3. Ukraina 1 0 0 1 2-3 0

4. Makedonia Utara 1 0 0 1 1-3 0

Infografis

Infografis Serba-Serbi Pesta Sepak Bola Euro 2021
Perbesar
Infografis Serba-Serbi Pesta Sepak Bola Euro 2021 (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓