ILO Gelar Lomba Lari dan Sepeda Virtual Satu Bulan

Oleh Defri Saefullah pada 12 Jun 2021, 17:40 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 18:41 WIB
Virtual Race
Perbesar
Lomba lari dan sepeda virtual race mengusung misi untuk akhiri pekerja anak (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Buruh Dunia (ILO) dan Cause Indonesia menggelar lomba lari virtual bertajuk "End Child Labour: Virtual Race 2021". Event lari dan bersepeda virtual ini akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan mulai 12 Juni hingga 12 Juli 2021.

Periode pendaftaran peserta dimulai pada hari ini Sabtu 12 Juni hingga 4 Juli 2021 mendatang. Masyarakat bisa mendaftarkan diri ke situs endchildlabour yang disiapkan panitia agar bisa berpartisipasi di ajang ini.

Kegiatan ini digelar dengan misi mulia untuk akhiri pekerja anak. Maklum, ini menjadi salah satu persoalan dunia yang tak kunjung tuntas. Dalam catatan organisasi buruh dunia (ILO) saat ini ada 160 juta pekerja anak di seluruh dunia.

Acara ini menandai peringatan Tahun Internasional Penghapusan Pekerja Anak 2021 dan Hari Dunia Menentang Pekerja Anak yang jatuh pada 12 Juni.

Kegiatan olahraga yang mengusung pesan moral penghapusan pekerja anak di Indonesia dan dunia ini resmi dibuka oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah secara virtual, Sabtu (12/6/2021). Turut hadir Direktur ILO untuk Indonesia, Michiko Miyamoto dan Enrico Hugo, CEO dan Co-founder Cause Indonesia.

Acara ini juga menandai dimulainya End Child Labour Virtual Race 2021 yang mengusung tema: Bertindak Sekarang, Hapus Pekerja Anak.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dukungan Pemerintah

Menaker RI
Perbesar
Menaker Ida Fauziyah memberi sambutan untuk diselenggarakannya Virtual Race (istimewa)

Dalam sambutannya Menaker Ida Fauziyah menegaskan pemerintah berkomitmen dan mendukung penuh kampanye penghapusan pekerja anak.

"Tidak ada tempat bagi pekerja anak dalam masyarakat," ujar Direktur ILO untuk Indonesia, Michiko Miyamoto.

"Ini merampas masa depan anak-anak dan menempatkan keluarga mereka dalam kemiskinan. ILO telah berupaya menghapus pekerja anak sepanjang 100 tahun sejarah berdirinya dan Tahun Internasional ini menjadi peluang bagi semua pihak untuk semakin meningkatkan upaya mencapai Sasaran 8,7 dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui aksi nyata penghapusan pekerja anak untuk selamanya," tambahnya.

Enrico Hugo, CEO dan Co-founder Cause Indonesia mengatakan End Child Labour: Virtual Race 2021” adalah event yang mengajak masyarakat aktif berolahraga sekaligus mendukung gerakan sosial menghapus pekerja anak.

"Dengan format penyelenggaraan secara virtual membuat masyarakat dapat leluasa mengikuti event ini di manapun dan kapanpun. Jadi di masa Pandemi covid-19 ini masyarakat dapat tetap aktif dengan di saat yang sama mendukung gerakan sosial untuk menghapuskan pekerja anak dan memastikan hak pendidikan bagi semua anak," kata Enrico.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jumlah Peserta

Dijelaskannya, virtual race ini akan diadakan selama satu bulan hingga 12 Juli dan ditargetkan diikuti lebih dari 5.000 pelari dan pesepeda di seluruh Indonesia.

Para peserta diharapkan untuk menyelesaikan masing-masing 12,6 dan 25 kilometer dalam waktu dua minggu dengan menyerahkan data lari atau bersepeda mereka melalui sejumlah aplikasi.

"Proses aktivasi bagi peserta untuk menyerahkan data lari atau bersepeda mereka melalui sejumlah aplikasi dimulai pada 21 Juni hingga 4 Juli 2021," kata Enrico Hugo.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Video Menarik

Lanjutkan Membaca ↓