Euro 2020 (Euro 2021) : 5 Rekor yang Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo

Oleh Bogi Triyadi pada 12 Jun 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 13:00 WIB
FOTO: Portugal Bantai Israel 4-0 pada Laga Persahabatan
Perbesar
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Israel pada pertandingan persahabatan internasional di Stadion Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (9/6/2021). Portugal menang 4-0. (AP Photo/Armando Franca)

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo identik dengan rekor dan bisa memecahkan beberapa rekor lagi di Euro 2020 atau Euro 2021. Di usia 36 tahun, ini mungkin salah satu turnamen besar terakhir dalam karier termasyhurnya.

Cristiano Ronaldo dalam performa yang luar biasa menuju Euro 2020 atau Euro 2021. Untuk pemain yang telah mendominasi panggung sepak bola dunia selama hampir 1,5 dekade, memecahkan rekor bukanlah hal baru.

Terlepas dari usianya, Ronaldo adalah salah satu pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa pada musim 2019-20. Dia juga memenangkan Sepatu Emas Serie A, mengalahkan Romelu Lukaku dengan selisih lima gol.

Dia menginspirasi Portugal untuk meraih gelar Euro pada 2016 silam. Mengingat kualitas skuat serta kedalaman mereka, Portugal memiliki apa yang diperlukan untuk melaju di Euro 2020.

Berikut 5 rekor yang dapat dipecahkan Cristiano Ronaldo di Euro 2020 atau Euro 2021 seperti dikutip dari Sportskeeda

 

5. Paling Banyak Tampil di Euro

Foto Piala Eropa: Skor Kacamata, Duel Imbang Spanyol dan Portugal dalam Uji Coba Pertandingan Menjelang Euro 2020
Perbesar
Kali ini Ronaldo yang membuat peluang. Sepak pojok Bruno Fernandes ke kotak pinalti berhasi ditanduk oleh Cristiano Ronaldo, sayangnya sundulannya yang ditujukan ke tiang jauh, melebar. (Foto: AFP/Javier Soriano)

Cristiano Ronaldo melakukan debutnya di Euro pada 2004. Sejak saat itu, dia menjadi pemain utama Timnas Portugal.

Ronaldo telah mendominasi panggung dunia dan merupakan seorang pemenang. Ia memimpin dari depan dan sangat disayangkan dipaksa keluar lapangan di final Euro 2016 menghadapi Prancis yang akhirnya mereka menangkan.

Pemenang Ballon d'Or lima kali itu telah bermain di empat edisi Euro hingga saat ini. Ada 17 pesepak bola lainnya yang memiliki catatan sama dengan Ronaldo.

Jika tampil di Euro 2020, Ronaldo akan jadi pemain pertama dan satu-satunya yang tampil pada lima edisi Euro yang berbeda.

 

4. Top skor sepanjang masa Euro

FOTO: 5 Striker Tertajam di Fase Kualifikasi Piala Eropa 2020, Harry Kane Ungguli Cristiano Ronaldo
Perbesar
Cristiano Ronaldo. Dengan koleksi 11 gol di fase kualifikasi, striker Portugal ini membawa misi untuk mempertahankan trofi Piala Eropa yang direbut dalam edisi sebelumnya. Total 11 golnya di antaranya diraih saat mencetak quattrick dalam kemenangan 5-1 atas Lithuania. (AFP/John Thys)

Cristiano Ronaldo memulai debutnya di Euro dengan mencetak gol ke gawang Yunanni. Sejak saat itu, pemain berjuluk CR7 ini telah menambah delapan gol lagi di putaran final Euro.

Ronaldo saat ini menjadi top skor sepanjang masa Euro bersama legenda Prancis Michael Platini, yaitu dengan sembilan gol. Namun, Platini sudah tidak dapat menambah jumlah golnya karena sudah lama pensiun.

Sementara itu, Ronaldo bisa menambah jumlah golnya lebih banyak lagi jika tampil di Euro 2020 atau Euro 2021. Jika mencetak gol, bahkan jika cuma satu, bintang Juventus tersebut akan menjadi top skor sepanjang masa Euro.

 

3. Penampilan terbanyak di Euro (termasuk babak kualifikasi)

Cristiano Ronaldo, Pemain Terbaik Eropa 2016-2017
Perbesar
Ronaldo tertawa bersama Gianluigi Buffon, dan Lionel Messi saat hadir pada acara pemberian penghargaan Pemain Terbaik Eropa di Grimaldi Forum, Monaco, (24/8/2017). Ronaldo mengalahkan Messi dan Buffon yang termasuk dalam nominasi. (AP/Claude Paris)

Cristiano Ronaldo berada di jalur sebagai pemegang rekor pemain dengan penampilan terbanyak di Euro, termauk babak kualifikasi dan putaran final. Saat ini, rekor tersebut masih dipegang Gianluigi Buffon.

Buffon membuat 58 penampilan untuk Italia dalam kariernya di Euro. Tapi, kiper Juventus itu telah pensiun dari sepak internasional pada 2017 lalu.

Sementara Ronaldo telah membuat 56 penampilan di Euro, baik pada babak kualifikasi dan putaran final . Dia perlu membuat tiga penampilan lagi untuk melewati rekor Buffon.

Dari 56 penampilannya, Ronaldo sudah menang 36 kali, bermain imbang 12 kali, dan delapan kalah.

 

2. Pencetak gol tertua di final

FOTO: Portugal Bantai Israel 4-0 pada Laga Persahabatan
Perbesar
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo memberi isyarat saat melawan Israel pada pertandingan persahabatan internasional di Stadion Alvalade, Lisbon, Portugal, Rabu (9/6/2021). Portugal menang 4-0. (AP Photo/Armando Franca)

Portugal telah menjadi salah satu kekuatan paling dominan di Eropa selama lima tahun terakhir. Skuat racikan Fernando Santos telah menangkan dua turnamen besar dalam lima tahun terakhir.

Setelah kemenangan di Euro 2016, Portugal menindaklanjutinya dengan memenangkan edisi pertama UEFA Nations League.

Portugal memiliki skuat bertabur bintang yang penuh dengan pemain berbakat. Mereka adalah salah satu favorit untuk memenangkan Euro 2020.

Jika Portugal mencapai final, Ronaldo akan memiliki kesempatan menjadi pencetak gol tertua di final Euro, berusia 36 tahun 156 hari pada saat itu. Rekor itu saat ini masih dipegang Bernd Hölzenbein dari Jerman Barat pada 1976.

 

1. Jumlah gol internasional terbanyak dalam sejarah

Foto Piala Eropa: Dipercaya Negara, 5 Pemain Pemilik Caps Internasional Terbanyak yang Akan Tampil di Euro 2020, Ronaldo Juaranya
Perbesar
Cristiano Ronaldo - Pemain yang mengawali debut internasionalnya di tahun 2003 ini, menjadi kolektor caps internasional terbanyak di gelaran Euro 2020. Total caps yang ia bukukan sebanyak 174 caps dan masih memiliki kans untuk bertambah pada gelaran ini bersama Portugal. (Foto: AFP/Nelson Almeida)

Cristiano Ronaldo hampir menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sepak bola internasional. Ali Daei dari Iran memiliki 109 gol atas namanya. Ronaldo di urutan kedua dengan 103 gol.

Ronaldo membutuhkan tujuh gol lagi untuk menggusur Ali Daei di puncak. Di antara pemain aktif, Ali Makhbout dari UEA adalah yang paling dekat dengan Ronaldo dengan 73 gol.

Sunil Chhetri dari India dan Lionel Messi dari Argentina masing-masing memiliki 72 gol. Aman untuk mengatakan bahwa Ronaldo tidak akan terkejar dalam waktu dekat.

Jika bisa mencetak tujuh gol di Euro 2020, Ronaldo akan memecahkan rekor jumlah gol internasional terbanyak. Ini akan menjadi pencapaian puncak bagi salah satu pemain terhebat yang telah menghiasi permainan.

Infografis

Infografis Jadwal Euro 2021 Babak Penyisihan Grup
Perbesar
Infografis Jadwal Euro 2021 Babak Penyisihan Grup (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Euro 2020 atau Euro 2021 di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓