Ciro Immobile Beber Kunci Kemenangan Italia Lawan Turki di Euro 2020 / 2021

Oleh Defri Saefullah pada 12 Jun 2021, 05:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 05:10 WIB
Foto Piala Eropa: Duet Maut Immobile-Insigne, Italia Gulung Turki di Pertandingan Pembuka Euro 2020
Perbesar
Pada babak pertama Timnas Itali langsung mendominasi jalannya pertandingan. Ciro Immobile mendapatkan beberapa kali peluang, namun Merih Demiral terus menempel ketat penyerang Lazio tersebut. (Foto: AP/Pool/Alberto Lingria)

Liputan6.com, Jakarta Ciro Immobile langsung menunjukkan kualitasnya dengan Timnas Italia saat kalahkan Turki 3-0 di laga pertama grup A Euro 2020/2021 di stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2020). Immobile mencetak satu gol dan satu assist untuk kemenangan ini.

Selain Immobile, dua gol Italia dicetak lewat gol bunuh diri Miral Demiral dan Lorenzo Insigne. Ini menjadi start sempurna bagi Gli Azurri, julukan Italia.

Selain itu, Italia memperpanjang rekor tak terkalahkan di semua ajang menjadi 28 kali di bawah Roberto Manci. Meski begitu, Italia tak mudah kalahkan Turki.

Pada babak pertama, Italia sempat ditahan 0-0. Lalu apa kunci Italia bisa cetak tiga gol?

"Kami tunjukkan kesabaran di babak pertama. Turki tim yang kuat dan kerap membuat masalah untuk tim kuat. Kami mencoba bikin mereka lelah lewat pergerakan bola ke kiri dan kanan," ujar striker Lazio ini seperti dikutip BBC.

 

 

Puji Penonton

Foto Piala Eropa: Duet Maut Immobile-Insigne, Italia Gulung Turki di Pertandingan Pembuka Euro 2020
Perbesar
Pemain Timnas Italia, Ciro Immobile menyumbangkan satu dari tiga gol yang diraih Timnas Italia saat melawan Timnas Turki. Dua gol lainnya dicetak oleh gol bunuh diri Merih Demiral dan Lorenzo Insigne. (Foto: AP/Pool/Alberto Lingria)

 

Meski tak penuh, stadion Olimpico benar-benar dihadiri penonton asli. Fans Timnas Italia hadir untuk mendukung skuat dan ini turut beri semangat kepada tim.

Hal ini diakui langsung oleh pelatih Italia, Roberto Mancini.

"Kami tampil bagus. Karena ini laga pertama, ini bukan hasil mudah dan kami lawan tim bagus," ujarnya.

"Penonton menolong kami, sangat penting bagi kami untuk menggerakkan bola dengan cepat."

 

Merata

Foto Piala Eropa: Duet Maut Immobile-Insigne, Italia Gulung Turki di Pertandingan Pembuka Euro 2020
Perbesar
Di menit akhir babak kedua hampir saja Burak Yilmaz bisa memperkecil keunggulan Italia andai saja tendangan kerasnya tidak dihalau oleh Bonnucci di depan gawang Donnarumma. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)

 

Sementara itu Lorenzo Insigne mengatakan kekuatan Italia ada di tim. Soalnya pelatih bisa memperlakukan pemain dengan baik.

"Kekuatan kami ada di grup, pelatih sudah membuat sebuah tim luar biasa dimana tak ada starter atau pemain cadangan," katanya.

"Setiap pemain harus berkorban demi pemain lain. Menang itu hal terpenting. Kalau saya cetak gol, itu lebih baik. Ini malam luar biasa."

 

Klasemen Grup A Euro 2020

Foto Piala Eropa: Duet Maut Immobile-Insigne, Italia Gulung Turki di Pertandingan Pembuka Euro 2020
Perbesar
Gelandang Timnas Italia, Jorginho yang mengkoordinir barisan tengah memainkan perannya dengan baik. Terbukti Timnas Italia punya banyak peluang, namun kuad asuhan Senol Gunes bisa menahan imbang Italia, 0-0 pada babak pertama laga pembuka. (Foto: AP/Pool/Andrew Medichini)

 

Posisi-Negara-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Kemasukan-Produktivitas-Poin

1. Italia 1 1 0 0 3 0 +3 3

2 Swiss 0 0 0 0 0 0 0 0

3 Wales 0 0 0 0 0 0 0 0

4 Turki 1 0 0 1 0 3 -3 0

Infografis Euro 2021

Infografis Serba-Serbi Pesta Sepak Bola Euro 2021
Perbesar
Infografis Serba-Serbi Pesta Sepak Bola Euro 2021 (Liputan6.com/Triyasni)

Video Menarik

Lanjutkan Membaca ↓