Sukses

Jelang Lawan Swedia di Euro 2020, Squad Spanyol Disuntik Vaksin Covid-19

Di Euro 2020 Timnas Spanyol akan bergabung di grup E bersama Polandia, Swedia, dan Slowakia

Liputan6.com, Jakarta Squad Timnas Spanyol yang akan mengikuti Euro 2020 / 2021 dilaporkan telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 menjelang turnamen yang dimulai pada Jumat waktu setempat atau Sabtu dinihari WIB (12/6/2021).

Langkah itu diambil setelah Pemerintah Spanyol setuju untuk memvaksinasi skuat jelang turnamen Piala Eropa 2020 untuk memastikan kesehatan para pemain tetap terjaga.

Spanyol harus mengatasi wabah Covid-19 di kamp, ​​setelah kapten Sergio Busquets dan Diego Llorente dinyatakan positif. Busquets dinyatakan terjangkit virus Corona COVID-19 usai bertanding melawan Portugal, Minggu lalu.

Akibatnya, pemain Barcelona itu pun harus menepi dan menjalani isolasi sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di negara Spanyol.

“Tujuan dari vaksinasi ini adalah untuk memudahkan Spanyol bermain di Euro 2020 dengan jaminan keamanan penuh, selain memungkinkan tim nasional bersaing secara setara dengan tim peserta lain yang telah diimunisasi,” demikian penjelasan dari ofisial timnas Spanyol.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dijamin

“Melalui pernyataan resmi yang diterbitkan Kamis lalu, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol berterima kasih kepada Pemerintah Spanyol karena telah menanggapi permintaannya untuk mengizinkan para pemain yang akan mewakili negara kami di fase akhir untuk melakukannya dengan kesehatan mereka dan keamanan yang dijamin sepenuhnya.”

Sebelumnya, persiapan Timnas Spanyol kian berantakan setelah pemain lainnya, yakni Diego Llorente juga dinyatakan terinfeksi virus Corona COVID-19. Temuan ini didapat setelah tim Matador kembali menggelar tes PCR di lokasi pemusatan latihan mereka di Las Rozas, Selasa lalu (8/6/2021).

3 dari 5 halaman

Prokes

"RFEF (Federasi sepak bola Spanyol) dengan sangat menyesal, menyampaikan kalau pemain timnas, Diego Llorante kembali mendapatkan hasil tes positif saat menjalani tes PCR pagi tadi di lokasi pemusatan latihan Las Rozas," bunyi pernyataan resmi RFEF seperti dilansir dari AS.

"Pemain akan meninggalkan lokasi pemusatan latihan malam ini dengab mobil medis, untuk selanjutnya mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan," RFEF menambahkan.

4 dari 5 halaman

Pemain Baru

Menanggapi situasi tersebut, pelatih Luis Enrique kemudian memanggil enam pemain baru, yang terdiri atas Rodrigo Moreno, Pablo Fornals, Carlos Soler, Brais Méndez, Raúl Albiol dan Kepa Arrizabalaga.

UEFA masih mengizinkan timnas Spanyol untuk mengganti pemain yang cedera serius atau terjangkit COVID-19 hingga akhir pekan ini.

5 dari 5 halaman

Grup E

Sementara itu, pada Euro 2020 / 2021 atau Piala Eropa 2020 / 2021 nanti, Spanyol akan bergabung di grup E bersama Polandia, Swedia, dan Slowakia.

Di laga perdana, timnas Spanyol akan berhadapan dengan Swedia di Estadio de la Cartuja, 15 Juni 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.