Sukses

5 Daya Tarik Stadio Olimpico Roma : Venue Euro 2020 / 2021 yang Langganan Helat Event Besar

Stadio Olimpico menjadi markas untuk klub Liga Italia AS Roma dan Lazio. Kini dipercaya menghelat event besar Euro 2020 / 2021.

Liputan6.com, Jakarta Stadio Olimpico Roma di Italia menjadi salah satu venue Euro 2020/2021 yang cukup populer bagi penggemar sepak bola. Stadion ini termasuk yang terbesar di Italia dan memang kerap gelar event-event besar.

Stadion ini sebenarnya dimiliki oleh komite olimpiade Italia. Namun fungsinya malah lebih banyak digunakan untuk sepak bola khususnya jadi kandang bagi AS Roma dan Lazio.

Dua klub asal Liga Italia ini saling bergantian untuk memakai stadion yang memiliki kapasitas 70 ribu penonton ini. Olimpico yang megah merupakan sebuah proyek mercusuar Italia di bawah rezim Musolini.

Konstruksinya dimulai pada 1928. Stadion ini baru bisa rampung setelah dikerjakan selama empat tahun hingga 1932.

Stadion baru dibuka resmi pada 17 Mei 1953. Duel Timnas Italia melawan Hungaria menjadi penanda dibukanya Olimpico stadium yang disesaki 100 ribu orang saat itu.

Berikut 5 daya tarik dari stadio Olimpico Roma yang bakal menghelat Piala Eropa 2020/2021 :

 

Video Menarik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Trek Atletik

 

Karena awalnya dirancang untuk persiapan Olimpiade 1960, stadion Olimpico pun menjadi kompleks olahraga stadion terlengkap di Italia. Khas stadion utama, ada trek atletik di seputar lapangan sepak bola.

Karena bangku-bangku dekat trek atletik dinilai mengganggu, pemerintah setempat sempat meniadakan bangku-bangku itu. Sehingga total penonton di stadion menjadi 65 ribu penonton.

Tercatat, stadio Olimpico menghelat beberapa kejuaraan atletik kelas dunia.

 

3 dari 6 halaman

2. 8 Area Penonton

 

Untuk diketahui, stadio Olimpico dibagi menjadi delapan area penonton. Masing-masing area sudah ditentukan berapa jumlah penonton yang bisa masuk.

Delapan area yang dimaksud yaitu tribun Monte Carlo, Tevere, Sud Ovest, Sud Est, Nord Ovest, Nord Est, Curva Sud dan Curva Nord.

 

4 dari 6 halaman

3. Dekat Sungai

 

Stadio Olimpico terletak di sebelah utara kota Roma. Dari pusat kota berjarak sekitar 4 kilometer.

Stadion ini terletak di kompleks olahraga Foro Italico. Stadion ini juga dekat dengan sungai terkenal di Italia yaitu Sungai Tiber.

Sungai ini berhulu dari pegunungan Apenine hingga menyusur 406 km melewati Tuscany, umbrya dan Lazio.

 

5 dari 6 halaman

4. Pakai Trem

 

Stadio Olimpico tidak dekat dengan stadion kereta api. Namun stadion ini bisa ditempuh dengan trem.

Trem bisa didapatkan sejak stasiun kereta Flaminio. Seperti dilansir stadiumguide, ambil jurusan Mancini untuk sampai stadion ini.

 

6 dari 6 halaman

5. Banyak Tempat Hang Out

 

Stadion ini kerap membuat penasaran turis. Soalnya pengunjung hanya bisa melihat stadion dari luar saja.

Pengurus stadion tak menggelar tur ke area stadion. Ini membuat stadion ini jadi unik, tak seperti stadion besar lainnya.

Meski begitu, tak sulit untuk menemukan tempat untuk nongkrong dan sekadar ngopi-ngopi. Itu bisa dilakukan di sepanjang sungai Tiber yang juga berdekatan dengan stadion lainnya dekat Olimpico, Flaminio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.