Sukses

Hadapi Euro 2020 (Euro 2021), Foden Tiru Gaya Gascoigne di Timnas Inggris

Pada Euro 2020 / 2021, Timnas Inggris berada di Grup E bersama Skotlandia, Kroasia, dan Republik Ceko.

Liputan6.com, Jakarta Phil Foden bakal tampil berbeda pada Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 / 2021. Pemain Manchester City tersebut tampak meniru gaya salah seorang seniornya, Paul Gascoigne saat tampil di Euro 1996 lalu.

Foden kembali mendapat kepercayaan memperkuat timnas Inggris. Pemain berusia 21 tahun itu menarik perhatian pelatih Three Lions, Gareth Southgate setelah tampil mengesankan bersama City.

Musim ini, selain ikut berperan besar mengantar The Citizens meraih gelar Liga Inggris ketiga di era Pep Guardiola, Foden juga terpilih sebagai pemain muda terbaik versi Asosiasi Pemain Profesional. 

Meski demikian, Foden sadar bukan perkara mudah menembus skuat utama Timnas Inggris saat bertemu Kroasia pada babak penyisihan Grup D Euro 2020 / 21 di Wembley, Minggu (13/6/2021). Pasalnya Gareth Southgate punya banyak pilihan di posisinya, termasuk Mason Mount, Raheem Sterling, Marcus Rashford, Jack Grealish, dan Jadon Sancho, hingga sang kapten Harry Kane.

"Kualitas sangat tinggi. Kami punya banyak pemain yang bisa tampil di level tertinggi seperti yang terlihat pada tahun ini," katanya seperti dilansir dari Firstpost.com.

"Kami juga punya pemain-pemain berpengalaman seperti Harry Kane dan Jordan Henderson dan kami terlihat sangat kuat pada turnamen ini, kenapa tidak? Kami bisa saja memenangkannya," bebernya. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiru Gaya Gascoigne

Penampilan Foden tampak menyolok jelang Euro 2020 / 2021. Rambutnya dicat pirang mirip gaya Gascoigne, 25 tahun lalu. Gascoigne seperti diketahui menjadi bintang di Euro 1996 saat timnas Inggris berhasil melaju hingga ke semifinal sebelum akhirnya kalah adu penalti dari Jerman. 

Pada turnamen ini, Gascoigne menarik perhatian lewat penampilannya dan gol spektakuler yang dicetaknya ke gawang Skotlandia. "Saya tidak keberatan, dia dulu pemain hebat," kata Foden saat dibandingkan dengan Gascoigne atau pemain yang akrab disapa Gazza tersebut.    

"Saya masih ingat menyaksikan cuplikan permainan Gazza di televisi--pemain luar biasa. Seluruh negeri ini tahu apa arti dan yang sudah dilakukannya selama ini," beber Foden. "Tidak terlalu buruk, bila saya sedikit membawa kenangan Gazza ke dalam lapangan," beber Foden menambahkan. 

 

3 dari 3 halaman

Tampil di Kandang

Pada Euro 2020 / 2021, Inggris mendapat keuntungan menjadi tuan rumah. Seluruh pertandingan Grup E bakal berlangsung di Wembley, di mana Inggris kembali bertemu Skotlandia di laga kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.