Sukses

Timnas Argentina Pastikan Tampil di Copa America

Copa America seharusnya berlangsung di dua tempat, yakni Argentina dan Kolombia.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) memastikan bakal ambil bagian pada Copa America yang berlangsung di Brasil mulai 13 Juni mendatang. Keputusan ini disampaikan di tengah merebaknya kekhawatiran banyak pihak terkait keamanan turnamen antarnegara Amerika Latin tersebut. 

Seperti diketahui, turnamen Copa America musim ini sejatinya berlangsung di dua negara, yakni Argentina dan Kolombia. Namun CONMEBOL selaku pihak penyelenggara terpaksa mencoret Kolombia menyusul aksi demonstrasi yang diwarnai kerusuhan belum juga reda di negara tersebut. 

Argentina juga bernasib sama. CONMEBOL memutuskan untuk memindahkan venue Copa America ke Brasil menyusul penyebaran virus Corona COVID-19 yang belum terkendali di negara tersebut. 

Banyak yang memprotes keputusan ini. Pasalnya, Brasil yang sempat menjadi negara terparah dihantam pandemi virus Corona COVID-19 juga belum sepenuhnya pulih. Meski vaksin dikabarkan mampu menurunkan jumlah kasus sehari-hari, tapi situasi belum benar-benar aman di sana. 

Mengenai situasi ini, timnas Argentina sebenarnya belum menentukan sikap. Nada keraguan bahkan masih menguap dari bibir pelatih tim Tango, Lionel Scaloni. "Tentu saja, kondisi pandemi di Brasil tidak lebih baik, atau bahkan lebih buruk dari di negara kami," kata Scaloni seperti dilansir dari Marca. 

"Dari sudut pandang itu (situasi pandemi COVID-19), sulit untuk menyetujui keputusan itu (pemindahan), tapi kami harus berangkat. Kami akan coba bermain, kami ingin menjalani Copa America sebaik mungkin, hanya saja masih begitu banyak ketidaktahuan," ujar Scaloni menambahkan.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan AFA

Meski demikian, Minggu kemarin AFA sudah mengeluarkan keputusan. Mereka memastikan timnas Argentina bakal bertolak ke Brasil untuk mengikuti Copa America tahun ini. "Argentina mengonfirmasi partisipasinya di Copa America 2021, yang mencerminkan semangat olahraga yang dimiliki tim sepanjang sejarah mereka," bunyi pernyataan AFA, Minggu (6/6/2021) waktu setempat.

 

  

3 dari 3 halaman

Bertolak ke Brasil

"Dengan upaya besar dari AFA, yang menyiapkan semua alat yang diperlukan untuk dapat menjamin kesehatan yang kami butuhkan di masa sulit seperti ini, tim nasional akan melakukan perjalanan ke Brasil untuk bermain di turnamen kontinental," AFA menambahkan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.