Sukses

La Cartuja Stadium, Venue Euro 2020 di Sevilla yang Wujudkan Mimpi Jadi Kenyataan

Stadion La Cartuja di Sevilla menggantikan San Mames di Bilbao untuk menghelat Euro 2020 untuk penyisihan grup dan 16 besar.

Liputan6.com, Jakarta La Cartuja Stadium di kota Sevilla menjadi salah satu venue Euro 2020-2021 yang mulai digelar pada 12 Juni nanti. La Cartuja sebenarnya bukan ide awal venue untuk Euro 2020.

UEFA sebenarnya menunjuk San Mames di Bilbao sebagai tuan rumah. Namun karena pemerintah kota Bilbao tak bisa menunjukkan kesiapan akan kehadiran penonton, UEFA akhirnya mengalihkan venue tuan rumah Piala Eropa 2020 ke La Cartuja.

Nama La Cartuja belum lama dipakai karena sebelumnya stadion ini dikenal sebagai stadion untuk Olimpiade. Namun Sevilla gagal jadi tuan rumah Olimpiade pada 2004 dan 2008.

Stadion ini sempat tak terpakai karena baik Sevilla dan Real Betis memakai stadion masing-masing. Namun kini Sevilla pindah ke stadion ini selama renovasi stadion Ramon Sanchez Pizjuan belum selesai.

Stadion ini resmi dibuka pada 5 Mei 1999 lalu. Saat itu, pembukaan ditandai duel internasional Spanyol melawan Kroasia. Kini, La Cartuja terpilih untuk jadi tuan rumah Euro 2020 yang memang sudah diimpikan oleh otoritas setempat.

Berikut beberapa fakta atau hal menarik soal stadion La Cartuja :

 

Video Menarik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Venue Final Copa del Rey

 

Stadion La Cartuja yang megah kini ditunjuk menjadi venue final Copa del Rey untuk empat musim beruntun. Itu dimulai dari 2020 hingga 2023.

Keputusan ini diambil oleh Federasi Sepak Bola Spanyol atau RFEF. Seperti diketahui, RFEF kerap kesulitan untuk memilih venue untuk final Copa del Rey.

Setidaknya hingga 2023, kepusingan itu tidak ada lagi. Tahun ini, Barcelona berhasil angka trofi Copa del Rey usai kalahkan Athletic Bilbao di final.

 

3 dari 4 halaman

Dipakai Piala Davis

 

Karena La Cartuja merupakan sebuah komplek olahraga, maka fasilitas lain pun dipergunakan untuk event internasional. Final Piala Davis misalnya pernah menggunakan lapangan tenis di area La Cartuja.

final Piala David pernah dihelat dua kali di sini pada 2004 dan 2011. Selain olahraga, stadion ini juga kerap dipakai untuk konser musik diantaranya konser Madonna pada 2008 dan AC/D pada 2016.

 

4 dari 4 halaman

Bisa Jalan Kaki

 

La Cartuja terletak di Barat Laut Sevilla. Jaraknya sangat dekat dari pusat kota sekitar 3,5 kilometer saja.

Ini pula yang membuat banyak fans yang memilih jalan kaki ke sana. Butuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke La Cartuja dengan jalan kaki.

Kalau ingin lebih cepat bisa gunakan Comuter Cercania. Dibutuhkan hanya 15 menit untuk sampai ke stadion yang terletak di Isla de la Cartuja ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.