Sukses

Van Gaal Dukung Ronald Koeman Ubah Formasi 4-3-3 Barcelona: Sudah Kuno

Louis van Gaal setuju kalau Ronald Koeman ubah formasi 4-3-3 menjadi 5-3-2 atau 3-5-2 di Barcelona. Seperti apa komentarnya?

Liputan6.com, Amsterdam- Louis van Gaal memberi pendapatnya soal formasi Barcelona yang diubah Ronald Koeman musim lalu. Koeman tak lagi memakai pakem 4-3-3 tapi mengubahnya menjadi 3-5-2 dimana dua winger diisi full back.

Louis Van Gaal, yang dikenal sebagai salah satu pengguna formasi 4-3-3, setuju Koeman ubah formasi Barcelona. Menurut dia, formasi itu sudah kuno dan berakhir eranya.

Van Gaal sukses dengan formasi 4-3-3 di Ajax dan Barcelona. Namun di tahun-tahun terakhir, dia menggunakan formasi 3-5-2 atau 5-3-2.

"Formasi 4-3-3 membawa DNA Ajax, dengan pemain klasik di sayap dan tim selalu menyerang, tapi itu tak lagi berhasil," kata Van Gaal seperti dikutip Marca.

"5-3-2 adalah metode yang akan digunakan Frank de Boer di Euro 2020. Semakin lama saya melatih, semakin banyak saya belajar sistem itu," mantan pelatih asal Belanda itu menambahkan.

 

Video Menarik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komplet

Louis van Gaal menilai formasi 5-3-2 sebagai formasi yang komplet. Formasi ini disebutnya bisa membuat tim lebih seimbang

"Dengan 5-3-2, Anda bisa menyerang, Anda bisa bertahan. Anda bisa menyerang lawan di area manapun," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Kegagalan Man City

 

Van Gaal juga mencontohkan kegagalan Manchester City dalam menjuarai Liga Champions. Dia mengatakan kolektivitas dibandingkan permainan individu.

"Sangat luar biasa bagaimana Chelsea menang dengan pelatih Thomas Tuchel. Saya prediksi City tak akan menang karena Guardiola terus menyerang, ada DNA Ajax tapi ini semua soal keseimbangan," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Peringkat Akhir Klasemen La Liga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.