Copa America 2021 Terancam Diboikot, Brasil Ogah Tuan Rumah Dipindah ke Kandang Sendiri

Oleh Defri Saefullah pada 05 Jun 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 05 Jun 2021, 09:30 WIB
Logo Copa America 2020
Perbesar
Logo Copa America 2020. Copa America harusnya digelar di Argentina dan Kolombia tapi tiba-tiba dipindahkan ke Brasil (Copa America)

Liputan6.com, Rio de Janeiro- Brasil ternyata dikabarkan tidak suka dengan pemindahan tuan rumah Copa America 2021 dari Argentina-Kolombia. Konfederasi Sepak Bola Amerika Latin atau Conmebol diketahui sudah memutuskan untuk memindahkan lokasi Copa America 2021 dari Argentina ke Brasil.

Alasan Conmebol yaitu pandemi Covid-19 yang masih tinggi di Argentina. Namun masalahnya, Brasil juga masih belum aman dari pandemi Covid-19.

Untuk saat ini, sudah ada sekitar 500 ribu orang yang meninggal dunia akibat Covid-19. Inilah mengapa pemain Brasil kabarnya bakal menolak main di kandang sendiri.

Uruguay dan Argentina juga kabarnya akan mengikuti jejak Brasil. Luis Suarez, Edinson Cavani dan Fernando Muslera sudah mengungkapkan dukungan mereka untuk boikot Copa America 2021 di Brasil.

Argentina juga demikian. Sergio Aguero dan Lionel Scaloni sudah mengeluarkan komentarnya soal ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ambisi Presiden Brasil

Timnas Brasil
Perbesar
Skuat Brasil dikabarkan mengancam boikot karena Copa America 2021 dipindahkan ke negara sendiri (Buda Mendes/Pool via AP)

 

Di balik pemindahan lokasi tuan rumah ternyata ada motif politik. Kabarnya, ini menjadi ambisi presiden Brasil, Jair Bolsonaro.

Dia sedang tertekan secara politik di Brasil. Dan ide jadi tuan rumah Copa America 2021 menjadi panggung untuk mengubahnya.

Namun dukungan kepada Jair ternyata tidak ada. Meski Conmebol menetapkan empat tempat yaitu Brasilia, Rio de Janeiro, Cuaiaba dan Goiania jadi tuan rumah event yang dimulai 13 Juni-10 Juli itu, tapi dukungan tak kunjung datang.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sulit Ganti Tempat

Argentina Bermain Imbang Atas Chile 1-1
Perbesar
pemain Argentina meninggalkan lapangan usai bertanding melawan Chile dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL, di Santiago del Estero, Argentina, Jumat (4/6/2021). Kedua tim harus puas bermain imbang 1-1. (Juan Mabromata, Pool via AP)

 

Dengan semakin dekatnya penyelenggaraan Copa America 2021, perubahan tempat sulit dilakukan. Conmebol dikabarkan bakal tetap menggelar kejuaraan ini di Brasil.

"Conmebol percaya kalau Copa Libertadores dan liga bisa digelar di Brasil, mengapa Copa America tidak bisa," tulis Marca.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Video Menarik

Lanjutkan Membaca ↓