Sukses

10 Aturan Piala Eropa atau Euro 2020 / 2021 yang Perlu Anda Pahami (Bagian I)

Piala Eropa 2020 / 2021 atau Euro 2020 / 2021 akan berlangsung mulai 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Liputan6.com, Jakarta Piala Eropa 2020 / 2021 atau Euro 2020 / 2021 segera bergulir. Para pencinta sepak bola dunia akan disuguhi aksi brlian tim-tim dari 24 negara Benua Biru mulai 11 Juni hingga 11 Juli mendatang.

Khusus tahun ini, pertandingan bakal berlangsung di 11 negara. Turnamen ini mundur setahun dari jadwal semula akibat pandemi Corona COVID-19 yang melanda dunia dan berlangsung hingga kini. 

Seperti dilansir dari situs resmi UEFA, aturan resmi Piala Eropa 2020 / 2021 atau Euro 2020 / 2021 terdiri dari 19 ribu kata yang tertuang dalam 70 halaman. Namun jangan khawatir, UEFA telah menyaring 10 peraturan yang selama ini mungkin luput dari pantauan Anda sebagai penggemar bola. 

Apa saja? 

1. Serba-serbi Trofi

Trofi si Kuping Besar atau The Henri Delaunay Cup yang diberikan kepada pemenang setelah final, tetap akan disimpan oleh UEFA. Pemenang Piala Eropa hanya membawa pulang replika. Trofi ini tidak boleh dibawa ke luar dari negara sang pemenang tanpa persetujuan dari UEFA. Selain itu, para pemenang juga menerima 40 medali emas – dan runner-up 40 medali perak – untuk dibagikan kepada pemain dan staf. Setiap tim di babak utama turnamen ini juga akan menerima plakat khusus.

2. Penalti

Jika dua tim yang berhadapan pada laga terakhir grup memiliki poin yang sama dan sudah terkunci, maka posisi mereka di grup akan ditentukan lewat adu penalti. Namun bila ada negara lain yang juga memiliki jumlah poin, maka aturan normal tie-break akan tetap diberlakukan.   

Skenario seperti ini belum terjadi di Piala Eropa senior, meskipun pada tahun 2008 itu bisa terjadi ketika Republik Ceko bertemu Turki di Jenewa. Saat itu, Rep Ceko dan Turki sama-sama menghuni grup A dan sama-sama berhak menghuni posisi runner up. Sempat tertinggal dua gol, Turki akhirnya menyamakan kedudukan lewat  Nihat Kahveci di tiga menit tersisa. Adu penalti babak penyisihan grup sudah di depan mata, tapi  Nihat berhasil mencetak gol dan menemukan pemenang di menit ke-89.

Sementara itu, jika dua atau lebih tim yang tidak bertemu satu sama lain di pertandingan grup terakhir mereka, maka berbagai kriteria digunakan untuk memisahkan mereka. Pertama, rekor head-to-head dipertimbangkan sebelum pemisahan grup secara keseluruhan dimulai dengan selisih gol.

Selengkapnya diatur pada pasal 20.01

Selain itu, pasal 21.03 menjelaskan bagaimana empat tim peringkat ketiga terbaik juga melaju ke 16 besar. Portugal lolos ke babak sistem gugur dengan cara ini sebelum menjuarai Piala Eropa 2016.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Coba Lagi

Jika suatu pertandingan tidak dapat dimulai atau tidak dapat dimainkan secara penuh, pertandingan tersebut menurut aturan akan dimainkan atau diselesaikan pada hari berikutnya di tempat yang sama jika memungkinkan. Pertandingan yang ditinggalkan dilanjutkan dari menit saat dihentikan (dengan skor yang sama, dan dengan bola di tempat yang sama).

Tim diperbolehkan mengganti pemain untuk pertandingan yang dijadwalkan ulang atau dilanjutkan (dari mereka yang berada dalam skuad final mereka) dengan pengecualian berikut:

- Pemain yang diskors, atau diusir atau diganti selama, permainan asli tidak dapat ambil bagian.

- Tim yang pemainnya dikeluarkan pada pertandingan normal akan tetap bermain dengan sepuluh atau lebih sedikit pemain. Dan jika ada kurang dari tujuh pemain di salah satu tim, pertandingan tidak dimainkan atau dibatalkan. 

- Jumlah pergantian disesuikan dengan kondisi terakhir saat pertandingan ditinggalkan

- Kartu kuning pada laga normal tetap berlaku pada laga lanjutan

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Bonus Pemain dan Pergantian

Untuk mengantisipasi risiko tim yang menghadapi kekurangan pemain akibat kemungkinan imbas dari tes COVID-19 positif dan tindakan karantina, telah diputuskan untuk meningkatkan skuad untuk semua tim yang berpartisipasi menjadi 26 pemain. Meski demikian, hanya 23 nama yang menjadi jumlah maksimum yang diizinkan tampil untuk masing-masing pertandingan. 

Setelah daftar pemain dikirim, setidak tim masih diperbolehkan mengganti pemain sebelum pertandingan pertama bila ada yang mengalami cedera serius atau sakit (termasuk COVID-19 atau 'kontak dekat' dengan kasus positif).

Penjaga gawang dapat diganti selama turnamen jika terjadi ketidakmampuan fisik, bahkan jika satu atau dua penjaga gawang dalam skuad masih tersedia. Pemain yang telah diganti tidak dapat ditambahkan kembali ke skuad.

Setiap tim masih diizinkan untuk melakukan lima pergantian pemain plus pergantian keenam selama babak perpanjangan waktu. Setiap tim dapat menggunakan maksimal tiga penghentian dalam permainan untuk melakukan pergantian (paruh waktu dan waktu penuh, serta paruh waktu dalam waktu tambahan, tidak mengurangi jumlah penghentian dalam permainan yang dapat digunakan). Sebuah penghentian tambahan dapat digunakan selama babak perpanjangan waktu.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Manajemen Waktu

Kedua kesebelasan harus berada di stadion setidaknya 75 menit sebelum kick-off. Ini menjadi batas waktu penyerahan lembar pertandingan kepada ofisial.

Tim diberikan hitungan mundur untuk memulai, memberi tahu mereka kapan pemanasan di lapangan dapat dimulai dan berakhir, dan kapan mereka harus siap untuk berjalan dari terowongan.

Lagu kebangsaan masing-masing pihak yang bertanding di Piala Eropa 2020 / 2021 atau Euro 2020 / 2021 dibatasi maksimal 90 detik.

 

(...bersambung)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini