Sukses

Qarrar Firhand Ali Rebut Juara di Kejuaraan Karting ROK Cup italia

Qarrar Firhand Ali merebut kemenangan pertama pada kejuaraan Internasional Karting yang sekaligus masuk dalam program latihannya di Italia.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap muda, Qarrar Firhand Ali langsung menunjukkan kualitasnya pada kejuaraan Karting ROK Cup Italia 2021 yang berlangsung di Laghi International Circuit, Pravia pada Sabtu dan Minggu (30/5/2021). Pembalap 10 tahun ini berhasil mengalahkan 17 peserta lainnya yang berasal dari Italia, Swiss dan Jerman.

Perjuangan Qarrar Firhand Ali untuk menjadi juara cukup keras. Qarrar, yang juga hobi sepak bola ini, menempati posisi ke 6 pada sesi QTT alias kualifikasi pada Sabtu pagi pukul 10.30 setempat.

Qarrar berhasil merebut posisi 4 pada prefinal race yang berlangsung Minggu siang. Dia berhasil merebut posisi empat setelah menyalip pembalap Italia Coletto Lorenzo pada sesi yang berlangsung 7 lap ini.

Pada Final race, Minggu sore, Al start dari posisi ke 5 lantaran penyelenggara menggunakan sistem reverse grid untuk line up di Final race. Pembalap yang finis di posisi 1 pada prefinal race akan start di posisi ke 8 dan seterusnya.

Qarrar tampil agresif sejak bendera start dikibarkan. Dia langsung menyodok ke posisi 3 hingga akhirnya meriah posisi 2 pada lap pertama. Pada lap ketiga, pembalap di posisi 3 dan 4 yang berada di belakang Qarrar bersinggungan sehingga mereka keluar dari trek. Ini membuat bendera kuning harus dikibarkan.

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usaha Keras

 

Race tetap berjalan dengan bendera kuning dan Al pun dengan bangga menempati posisi pertama. Tapi, pada lap ke 5 posisinya melorot kembali ke 3, tapi Al kembali merebut posisi ke 1 pada lap ke 6.

Posisi pertama ini ia pertahankan hingga finis pada balapan yang berlangsung selama 8 lap di Sirkuit dengan panjang 1,256 km ini. Posisi kedua dan ketiga diisi dua pembalap Italia, Lorenzo Coletto dan Elia Efipanyo.

Ini menjadi kemenangan pertama Al, panggilan akrab Qarrar sejak mulai berlatih di Italia pada awal Mei lalu.

"Senang sekali saya bisa finis pertama. Saya bermain lepas dan saya sama sekali tak takut dengan lawan-lawan. Alhamdulillah akhirnya bisa meraih hasil ini. Mohon doanya untuk balapan-balapan selanjutnya," kata Al seperti rilis yang diterima media. 

 

3 dari 3 halaman

Pujian Manajer

Manajer tim, Jimmy Akbar dalam pembicaraan lewat sambungan internasional dengan wartawan, Senin (31/5/2021) dini hari, mengatakan kagum dengan usaha keras Al.

"Dia bermain tangguh dan anak ini memang cerdas di lintasan. Selalu tampil berani. . Alhamdulilah bisa podium 1. Ini kebanggaan tersendiri bagi Al dan kami semua di tim Intrepid Driver Program,” kata Jimmy.

Al akan kembali turun pada balapan serie Nasional Italia di Sirkuit Siena pada 5-6 Juni 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini