Sukses

5 Pesepak Bola Dunia yang Tidak Memakai Nama Aslinya

Karena satu dan lain hal, ada sejumlah pesepak bola yang memilih menggunakan nama yang berbeda dari nama aslinya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pesepak bola yang tidak menggunakan nama asli mereka dalam karier profesional. Namun, ini tidak hanya terjadi di sepak bola.

Banyak pesepak bola yang memilih menggunakan nama relatif lebih pendek karena memudahkan orang di seluruh dunia untuk mengingatnya. Legenda Brasil Ronaldinho Gaucho, misalnya, yang lahir dengan nama Ronaldo de Assis Moreira.

Beberapa pesepak bola juga menggunakan nama depan di kaus belakang mereka. Seperti Dele Alli dan Memphis Depay, yang melakukannya karena alasan pribadi.

Memphis mengungkapkan berhenti menggunakan nama keluarga karena sang ayah pergi saat dia berusia empat tahun. Sementara Dele, mulai menggunakan nama depannya setelah menyatakan tidak memiliki hubungan dengan nama belakang Alli pada 2016.

Nama kapten Atletico Madrid Koke adalah Jorge Resurreccion Merodio. Koke hanya nama panggilan yang diciptakan kakak laki-lakinya ketika gelandang itu masih muda dan nama itu melekat dalam karir profesionalnya.

Mantan penyerang Manchester United Javier Hernandez adalah pemain lain yang lebih dikenal dengan nama panggilannya, Chicharito. Ada beberapa pesepak bola dunia yang kemudian dikenal dengan alias mereka, sampai-sampai tidak dapat dikenali dari nama lahir mereka.

Berikut 5 pesepak bola dunia yang tidak menggunakan nama asli mereka seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Hulk (Givanildo Vieira de Sousa)

Givanildo Vieira de Sousa bisa dibilang memiliki salah satu nama panggilan paling menarik di antara para pesepak bola masa kini. Pemain asal Brasil ini dikenal sebagai Hulk sehingga sangat sedikit yang dapat mengenalinya melalui nama aslinya. Dalam hal ini Hulk mengacu pada karakter Komik Marvel yang populer.

Ada banyak mitos tentang alasan dia memilih julukan ini, termasuk salah satunya terkait dengan kaos hijau yang dia kenakan di Tokyo Verdy, Jepang. Tetapi, sebenarnya ayah Hulk, Djovan, diduga adalah penggemar acara TV 1978 tentang karakter buku komik yang ikonik itu.

The Incredible Hulk dibintangi mantan binaragawan dan aktor Amerika Lou Ferrigno, yang merupakan idola Djovan. Hal ini menyebabkan dia memberi putranya salah satu nama panggilan paling ikonik di sepak bola modern.

Dalam hal ini, itu juga membantu bahwa Hulk yaitu Givanildo Vieira de Sousa adalah atlet berbadan tegap terpuji.

 

3 dari 6 halaman

4. Pepe (Kepler Laveran de Lima Ferreira)

Pepe dianggap sebagai salah satu bek terbaik dan paling agresif pada masanya. Bek tengah ini masih bermain pada usia 38, dan menampilkan serangkaian penampilan luar biasa di Liga Champions 2020-21.

Pemain Portugal itu melawan Cristiano Ronaldo di Juventus dengan penampilan yang menakjubkan untuk menyingkirkan mereka dari Liga Champions.

Bek yang sangat dihormati selalu disebut dengan nama panggilannya, Pepe, yang bukan merupakan bagian dari nama resminya. Namun, tidak banyak cerita di balik nama ini, seperti yang diungkapkan Pepe beberapa tahun lalu.

"Nama saya (Kepler Laveran de Lima Ferreira) di Brasil cukup sulit diucapkan. Pelatih dan ayah saya memanggil saya Pepe karena itu lebih mudah. ​​Dan begitulah cara bertahan; Pepe," katanya.

Pepe membawa Real Madrid tiga gelar La Liga Spanyol dan tiga trof Liga Champions. Selain itu, dia juga membantu Timnas Portugal memenangkan trofi Euro 2016, dan Nations League 2018-19.

 

 

 

4 dari 6 halaman

3. Franck Ribery (Bilal Yusuf Mohammed)

Franck Ribery tidak diragukan lagi adalah entri paling unik dalam daftar ini, dan dengan alasan yang bagus. Pemain asal Prancis ini merupakan salah satu sayap paling menakutkan di masanya dan telah memenangkan banyak gelar.

Ribery mengumpulkan lebih dari 20 trofi selama bermain di Bayern Munchen, termasuk sembilan gelar Bundesliga dan Liga Champions. Dia membentuk salah satu duet sayap paling berkesan bersama Arjen Robben di Bavaria.

Meski terlahir sebagai Franck Henry Pierre Ribery, nama resmi pemain berusia 38 tahun itu kini adalah Bilal Yusuf Mohammed setelah masuk Islam. Dia menyebut nama istrinya, Wahiba Belhami, keturunan Aljazair, sebagai alasan pindah agama pada 2002.

"Agama adalah urusan pribadi saya. Saya seorang mukmin dan sejak saya masuk Islam, saya pikir, saya menjadi lebih kuat, saya menjadi lebih kuat secara mental dan fisik," kata bintang Fiorentina itu.

"Agama tidak mengubah kepribadian atau persepsi saya tentang dunia. Saya berdoa lima kali sehari, saya melakukannya karena itu memungkinkan saya untuk dibebaskan dan saya merasa lebih baik setelahnya."

5 dari 6 halaman

2. Kaka (Ricardo Izecson dos Santos Leite)

Kaka bisa dibilang salah satu pesepak bola yang menentukan di generasinya. Pemain Brasil itu adalah pemain terakhir yang memenangkan Ballon d'Or sebelum duopoli selama satu dekade antara Leo Messi dan Cristiano Ronaldo.

Kaka memiliki beberapa penghargaan besar atas namanya, termasuk Piala Dunia FIFA, Liga Champions UEFA, dan daftar penghargaan individu yang tak ada habisnya.

Yang menarik adalah julukannya, Kaka, bukanlah bagian dari nama aslinya, Ricardo Izecson dos Santos Leite. Julukan terkenal itu muncul selama masa kecilnya berkat adik laki-lakinya, Rodrigo Manuel Izecson dos Santos Leite, yang dikenal sebagai Digao.

Mantan bek asal Brazil tersebut tidak bisa mengucapkan nama Ricardo saat masih kecil dan akhirnya memanggilnya Caca. Panggilan itu akhirnya berubah menjadi Kaka, salah satu nama paling dikenal di abad ke-21. Ia juga biasa disebut sebagai Ricardo Kaka.

 

6 dari 6 halaman

1. Pele (Edson Arantes do Nascimento)

Tidak ada keraguan bahwa Pele adalah salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa. Legenda Brasil umumnya dianggap sebagai pemain terbaik dalam olahraga ini, bersama dengan mendiang Diego Maradona.

Pemenang Piala Dunia tiga kali ini adalah pemegang beberapa rekor terhormat dalam sepak bola. Dalam hal ini, salah satu julukan paling ikonik dalam permainan.

Nama Pele berasal dari pengucapannya tentang pesepak bola favoritnya saat masih muda, mendiang legenda Vasco de Sao Lourenco, Bile. Nama aslinya adalah Jose Lino.

Pengucapan Pele tentang nama mantan penjaga gawang itu menjadi bahan candaan dari teman-teman sekelasnya saat itu. Bahkan, membuat marah pemain Brasil itu saat masih bersekolah.

Ini secara bertahap akhirnya menjadi salah satu nama paling terkenal yang pernah disaksikan sepak bola. Meski dia tidak mengetahuinya pada saat itu, Pele juga berarti keajaiban dalam bahasa Ibrani. Selama kariernya, Pele juga disebut sebagai Dico oleh keluarganya dan Gasolina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.