Sukses

Thomas Tuchel, Sang Penakluk Pelatih-Pelatih Top Eropa

Chelsea berhasil merebut gelar Liga Champions 2020 / 2021 bersama Thomas Tuchel.

Liputan6.com, Jakarta Thomas Tuchel tampil mengagumkan sejak dipercaya menukangi Chelsea. Tidak hanya mampu mengubah gaya bermain The Blues, pelatih asal Jerman itu juga segera mempersembahkan trofi. 

Bersama Tuchel, Chelsea yang menghuni peringkat 4 pada papan klasemen sementara Liga Inggris berhasil mengalahkan sang juara Manchester City di ajang Liga Champions 2020/2021. Bermain di markas FC Porto, Portugal, akhir pekan lalu, The Blues keluar sebagai juara usai menang 1-0. 

Hasil ini tidak hanya melambungkan kembali pamor Chelsea. Kemenangan atas The Citizens sekaligus menambah deretan pelatih-pelatih suskes yang berhasil dikalahkan Tuchel. Ya, seperti dilansir dari Marca, bukan hanya Guardiola yang menjadi korban 'kecerdikan' Tuchel dalam meramu pasukannya. 

Sebelumnya, Tuchel bersama Chelsea juga sukses membungkam Diego Simeone bersama Atletico Madrid di ajang Liga Champions. Padahal, Atletico sedang melambung dan berhasil menjuarai La Liga musim ini. Kedua tim bertemu dua kali di babak 16 besar sebelum kemudian bertemu Real Madrid. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalahkan Pelatih Top

Pada babak semifinal Liga Champions, lagi-lagi Tuchel menunjukkan kelasnya. Tuchel berhasil membawa The Blues menyingkirkan Los Blancos yang ditangani pelatih elite, Zinedine Zidane. 

Pertemuan pertama sejak menangani Chelsea dengan sang mentor Jurgen Klopp juga berakhir gemilang di mana The Blues sukses menggulung Liverpool di Anfield dengan skor 1-0. 

Tuchel juga berhasil menaklukkan Jose Mourinho saat masih menangani Tottenham Hotspur. Sementara melawan Carlo Ancelotti yang menangani Everton, Tuchel mampu menang lebih besar, yakni 2-0.

 

3 dari 3 halaman

Rekor Kemenangan Tuchel

Selama menangani Chelsea, Tuchel telah mengemas 20 kemenangan dari 30 pertandingan. Enam pertandingan lainnya berakhir imbang dan hanya lima yang berujung kekalahan. Kekalahan-kekalahan tersebut diderita saat dia beradu cerdik melawan Sam Allardyce (West Bromwich), Sergio Conceicao  (FC Porto), Mikel Arteta (Arsenal), Brendan Rodgers (Leicester) dan Dean Smith (Aston Villa).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Thomas Tuchel adalah pelatih kenamaan asal Jerman yang kini menahkodai Chelsea FC
    Thomas Tuchel adalah pelatih kenamaan asal Jerman yang kini menahkodai Chelsea FC

    Thomas Tuchel

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho