Sukses

Juara Liga Champions, Kiper Chelsea Edouard Mendy Menyamai Rekor Clean Sheet

Kiper Chelsea Edouard Mendy bergabung dengan Santiago Canizares dan Keylor Navas usai membuat rekor clean sheet Liga Champions setelah mengalahkan Manchester City di final.

Liputan6.com, Porto - Kiper Chelsea Edouard Mendy menyamai rekor clean sheet Liga Champions. Manchester City menjadi tim terbaru yang dibuat frustasi oleh pemain timnas Senegal itu.

Dalam laga final Liga Champions di Estadio do Dragao, Porto, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB, Manchester City dibuat frustasi oleh Mendy karena tak mampu membobol gawang Chelsea. Padahal, The Blues mencetak satu gol sebelum jeda lewat Kai Havertz.

Alhasil City pun menyerah 0-1 dari Chelsea. Ini adalah trofi Liga Champions kedua yang dimenangkan The Blues setelah 2021 silam.

Bagi Mendy, clean sheet melawan City merupakan yang kesembilan kali dalam penampilannya di Liga Champions musim ini. Sebelumnya, cuma dua kiper yang mencapai angka tersebut dalam semusim.

Kedua pemenang rekor sebelumnya yakni Santiago Canizares untuk Valencia pada 2000-01 dan Keylor Navas buat Real Madrid pada 2015-16. Mendy, bagaimanapun, adalah penjaga gawang pertama yang mencatatkan sembilan clean sheet pada Liga Champions perdananya.

Penghargaan juga harus diberikan kepada barisan belakang Chelsea karena hanya membuat City hanya bisa melepaskan satu tembakan sasaran sepanjang 90 menit. Sehingga tugas Mendy jauh lebih mudah daripada yang diharapkan sebelum kick-off.

 

Saksikan Video Liga Champions di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sukses instan

Mendy tiba di Stamford Bridge pada akhir September 2020. Dia bergabung di tengah kekhawatiran atas performa kiper nomor satu Chelsea sebelumnya, Kepa Arrizabalaga.

Mantan kiper Rennes itu segera menetap di klub barunya dan menjadi pilihan pertama. Dia mencatat 44 penampilan di semua kompetisi, termasuk final Liga Champions.

 

3 dari 3 halaman

Pulisic dan Kante

Selain Mendy, catatan bagus juga dibuat pemain Chelsea lainnya, Christian Pulisic dan N'Golo Kante. Pulisic membuat sejarah sebagai pemain Amerika Serikat pertama yang tampil di final Liga Champions dan menjadi juara.

Sedangkan Kante dinobatkan sebagai pemain terbaik di final Liga Champions. Gelandang asal Prancis itu tampil solid di lini tengah Chelsea untuk membendung serangan Manchester City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.